HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA
Abstract
Kecanduan game online sudah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai International Statistical Classification of Diesease (ICD) yang digolongkan sebagai penyakit gangguan mental. Dampak negatif dari game online adalah membuat penggunanya asik dengan kesibukan mereka dan mengurangi interaksi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game online dengan interaksi sosial. Jenis penelitian ini menggunakan Crossectional dengan metode Accidental Sampling dengan jumlah sampel 112 remaja di kelurahan cipedak Jakarta Selatan. Instrumen yang digunakan adalah Game Addiction Scale (GAS) dan Social Skills Inventory (SSI). Analisis data menggunakam uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kecanduan game online dengan interaksi sosial (p value = 0.004). Remaja diharapkan dapat mengatur waktu bermain game online sehingga tidak mengalami masalah dengan lingkungan dan teman sebaya.
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Kecanduan Game Online, Remaja
Full Text:
PDFReferences
Bonnaire, C., & Phan, O. (2017). Relationships between parental attitudes, family functioning and Internet gaming disorder in adolescents attending school. Psychiatry Research, 255(January), 104–110. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2017.05.030
Harsan, A. (2011). Jago Bikin: Game Online. Jakarta: mediakita.
Irmak, A. Y., & Erdo?an, S. (2019). Predictors for Digital Game Addiction Among Turkish Adolescents: A Cox’s Interaction Model-Based Study. 30(1), 49–56. https://doi.org/10.1097/JAN.0000000000000265
Karaca, S., Karakoc, A., Can Gurkan, O., Onan, N., & Unsal Barlas, G. (2020). Investigation of the Online Game Addiction Level, Sociodemographic Characteristics and Social Anxiety as Risk Factors for Online Game Addiction in Middle School Students. (0123456789). https://doi.org/10.1007/s10597-019-00544-z
Kominfo. (2019a). Buka IDByte Esports 2019, Rudiantara: Potensi Industri Game Indonesia Besar.
Kominfo. (2019b). Kemkominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta.
Lemmens, J. S., Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2014). Development and validation of a game addiction scale for adolescents. Media Psychology, 12(1), 77–95. https://doi.org/10.1080/15213260802669458
Ni’matuzahroh. (2019). APLIKASI PSIKOLOGI DI SEKOLAH Teori dan Praktik dalam Memahami Masalah di Sekolah. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.
Novita, M. (2019). Alasan Remaja Lebih Rentan Gangguan Kejiwaan karena Game Online.
Parulian, T. S., & Yulianti, A. R. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Interaksi Teman Sebaya Pada Remaja. 7(2), 173–178.
Pieter, H. Z., & Lubis, N. L. (2010). Pengantar Psikologi dalam Keperawatan (1st ed.). Jakarta: Kencana.
Riggo, R. (2003). Social Skills Iventory. 25(2), 49–59.
Sari, E. (2019). Candu Game Online Tenggelamkan Pemuda Indonesia. Retrieved July 15, 2020, from https://babelreview.co.id/candu-game-online-tenggelamkan-pemuda-indonesia
Simanjuntak, M. (2019). More Than Just a Game. Tanggerang: Yayasan Pelikan.
Sativa, R. L. 2015. Interaksi Sosial Kurang dari 3 Kali Sepekan? Awas, Rentan Depresi.
Stowell, L. (2020). Panduan Berinternet Sehat dan Aman untuk Remaja. Esensi.
Susilo, A. (2010). Teknik Cepat Memahami: Keamanan Komputer Dan Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Utami, T. W., & Nurhayati, F. (2019). Kecanduan Internet Berhubungan Dengan Interaksi Sosial Remaja. Volume 7 N, 33–38.
We Are Social. (2019, January 30). DIGITAL 2019: GLOBAL INTERNET USE ACCELERATES.
World Health Organization [WHO] -SEARO. (2018). Strategic Guidance on Acelerating Actions for Adolescent Health (2018 -2022).
Refbacks
- There are currently no refbacks.