HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP KH. ABDURRAHMAN WAHID RSI NU DEMAK

Ana Fadilah, Dwi Laksono Yudho Priyanto

Abstract


Kualitas pelayanan merupakan suatu kehandalan, respek dan tanggap akan kebutuhannya, pelayanan harus sesuai dengan kebutuhan mereka, diberikan dengan cara yang ramah pada waktu mereka berkunjung. Mutu pelayanan kesehatan adalah penampilan yang pantas dan sesuai standart suatu intervensi yang diketahui aman. Jenis penelitian ini yaitu korelasional analitik (eksplanatory reseach). Teknik sampling menggunakan teknik Probability sampling dengan metode Simple random sampling (sampel random sederhana). Populasi dalam penelitian ini adalah 59 pasien. Analisa kualitan pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien nilai p 0,000. Ada hubungan anta kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap KH. Abdurrahman Wahid RSI NU Demak.

Full Text:

PDF

References


Astuti. 2014. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen. http://www.portalgaruda.ac.id.

Aziz, Abdul. 2014. Analisis Tingkat kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Prima di RSUP DR. M. Djamil Padang tahun 2012. http://eprint.ac.id.

Dave, Dharsana R. 2014. A Study on Service quality and customer satisfaction of selected Private hospitals of Vadodara City. http://pbr.co.in/May2014/2.pdf

Hakim, Fany. 2019. Analisis Hubungan Karakteristik Pasien Peserta BPJS dengan Tingkat Kepuasa Pasien Peserta BPJS terhadap Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Darul Istiqomah Kendal. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jmki/article/view/22590

Harahap, Eki. 2019. Hubungan Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Sundari Medan. Journal of Nursing. Vol 1, No 1, 2019.

Herdianti. 2017. Kualitas Pelayanan Rawat Inap Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dan Umum Di Rumah Sakit Umum Daerah I Lagaligo Wotu Kabupaten Luwu Timur.

Kemenkes. 2014. Permenkes No 28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. http://www.depkes.go.id/resources. Diakses 23 Februari

Kemenkes. 2014. UU No 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan. Depkes. Jakarta.

Kemenkes RI. 2016. Survey Kepuasan Pelanggan http://bprs.kemkes.go.id.

Muninjaya, A.A. 2016. Survey Kepuasan Pengguna Jasa Pelayanan Kesehatan Perjan RS Sanglah Denpasar. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan 07 (03).

Notoatmodjo, Soekidjo. 2016. Metodologi penelitian kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta.

Nursalam, 2014. Manajemen Keperawatan; Aplikasi dalam praktik keperawatan professional. Editor Dripa Sjabana. Penerbit Salemba Medika, Jakarta.

Romaji. 2018. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Pada Peserta Bpjs (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Dan Non BPJS Di RSUD Gambiran Kediri Jawa

Timur.

Siswati, Sri. 2017. Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Unit Rawat Inap RSUD Kota Makassar.

Wowor, Deltika. 2017. Kualitas Pelayanan Rawat Inap Di RSUD Kabupaten Fakfak. https://core.ac.uk/download/pdf/83871096.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.