GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TANJUNGREJO KABUPATEN KUDUS

Khairun Nisa, Masvan Yulianto

Abstract


Saat ini kesehatan menjadi kebutuhan dasar masyarakat Indonesia. Puskesmas sebagai penyelenggara kesehatan tingkat pertama perlu menjaga mutu pelayanan agar pasien merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Tanjungrejo Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Puskesmas Tanjungrejo sebanyak 78 responden. Jumlah sampel 44 responden dengan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Permenpan_RB Nomor 14 Tahun 2017. Hasil penelitian tingkat kepuasan di pendaftaran yaitu kurang puas 17 responden (38,6%), puas 22 responden (50,0%), sangat puas 5 responden (11,4%). Sedangkan di poli umum yaitu kurang puas 16 responden (36,4%), puas 25 responden (56,8%), dan sangat puas 3 responden (6,8%). Kemudian di apotek yaitu kurang puas 14 responden (31,8 %), puas 26 responden (59,1%), dan sangat puas 4 responden (9,1%). Tingkat kepuasan responden di Puskesmas Tanjungrejo mayoritas merasa puas.

Full Text:

PDF

References


Akbar, D.O., Nurul, M., Siti, M., & Raida, H. (2018). Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Puskesmas Karang Intan 2 kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Borneo Journal of Pharmascientech. vol. 2(2), ISSN-Online: 2548-3897.

Albert, M. 2011. Gender effects on costumer satisfaction in banking industry a case of commercial bank in bandura, Zimbabwe, E3 journal business management and economic, vol.2(1), pp. 040-044

Antari, N.K.N. (2019). Gambaran kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Kesmas Payangan, Gianyar, Bali, Intisari Sains Medis, vol. 10(3), P-ISSN: 2503-3638; E-ISSN: 2089-9084, p. 492-496.

Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Erlangga: Jakarta

Chairunnisa & Maya, P. (2017). Gambaran kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura (RSIJS) tahun 2015. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, vol. 12(1), hal .9-27

Devhy, N.L.P., Yundari, A.A.I.D.H., Purwanti, I.S., & Prihartiningsih, D. (2018). Gambaran kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani di Kabupaten Gianyar tahun 2018. BMJ, vol. 5(2), hal.189-197.

Dharma. K.K. (2011). Metodelogi penelitian keperawatan. CV. Trans Info Media: Jakarta Timur

Eniurkhayatun, B., Antono, S., & Eka, Y.F., (2017). Analisa tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di Puskesmas Duren dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 5(4), ISSN:2356-3346, hal. 33-42.

Juwita, D.A., Helmi, A., & Jaka, P. (2019). Kajian kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek rawat jalan RSUP DR. M. Djamil Padang. Jurnal Farmasi Higea. Vol 11(1), hal. 32-40

Kemenkes RI. (2008). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 129/Menkes/SK/VI/2008 tentang indikator waktu pelayanan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Kemenkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang pusat kesehatan masyarakat. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta. (2019). ‘4 Tahun penguatan pelayanan kesehatan’. Kementerian

Kesehatan Republik Indonesia, diakses tanggal 1 Februari 2020,

Kemenpan-RB. (2017). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat unit penyelenggara pelayanan publik. Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta.

Marmaem, Tri, N.U., & Asiah, S. (2018). Faktor-faktor mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur tahun 2017. Jurnal Jumantik, vol. 3(2), hal. 16-27

Maulana, D., Risma, T., Andi, A., & Ali, I. (2019). Analisis hubungan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Maccini Sombala. Jurnal kesehatan. Vol 12 (1), hal 99-111.

Muninjaya, A.A.G. (2015). Manajemen mutu pelayanan kesehatan. Edisi kedua. EGC: Jakarta.

Nesimnasi, V., Petrus, R., Enjelita, M.N. (2019). Indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap kualitas pelayanan public di Puskesmas Oepoi Kota Kupang. Journal of Community Health, vol 1(4), e-ISSN: 2685-2438, hal. 147-154

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. PT. Rineka Cipta.Jakarta.

Nugraheni, R. & Gerardin, R.K. (2017). Gambaran waktu tunggu pasien dan mutu pelayanan rawat jalan di Poli Umum UPTD Puskesmas Pesantren 1 Kota Kediri tahun 2017. Jurnal Wijaya. vol. 4 (2), P-ISSN; 2355-6498 E-ISSN:2442-6555,

Rahmawita, D., Novi, B., Irawati, S. (2020). Analisis indeks kepuasan masyarakat di Klinik Umum Puskesmas Talang Banjar Kota Jambi tahun 2020. Scienta journal, vol. 9(1), hal. 232-237

Renaldi, R., Widodo, M.D. (2018). Analisis mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Poli Umum Puskesmas Siak Hulu II Kabupaten Kampar tahun 2017. Collaborative Medical Journal (CMJ), vol. 1(2).

Shofiana, N.B., Septo, P.A., Eka, Y.F. (2019). Analisis proses pelayanan pendaftaran pasien di Puskesmas Jatisrono 1 Kabupaten Wonogiri. Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 7(1), ISSN: 2356-3346, hal. 105-112

Sihotang, T.L. & Mitha S. (2019). Analisis indeks kepuasan pasien rawat jalan terhadap kenerja pelayanan Puskesmas Menteng di Kota Palangka Raya, Anterior Jurnal, vol. 8(2), p-ISSN: 412-1395; e-ISSN: 2355-3529, p. 52-57

Simamora, R. (2012). Buku ajar manajemen keperawatan. EGC: Jakarta

Sriyanti, C. (2016). Mutu layanan kebidanan dan kebijakan kesehatan, [e-book], diakses tanggal 16 Januari 2020, dari

Stefan, Mariana, M. (2013). Hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.