HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK MUSLIMAT MASLICHAH JATI KULON

Galia Wardha Alvita, Rivva Angghitiya

Abstract


Salah satu hal terpenting dalam pertumbuhan anak di usia dini adalah kemampuan kemandirian pada anak yang terbetuk sejak dini. Proses pembentukan kemandirian anak tersebut diawali dari lingkungan terdekat yakni pola asuh dari orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian pada anak usia prasekolah di TK Muslimat Maslichah Jati Kulon Kabupaten Kudus. Jenis penelitian menggunakan study korelasi dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian 35 responden dengan teknik sampling menggunakan total sampling. Analisa bivariat menggunakan chi-square. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian anak prasekolah didapatkan p value sebesar 0,024 < 0,05 jadi dapat diartikan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian anak prasekolah.

Full Text:

PDF

References


Bety Bea Septiari. (2012). Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta: Nuha Medika

Eugenia Rakhma. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Anak. Jogjakarta: Stilettobook

Dharma, K., Kusuma. (2011). Metodologi penelitian keperawatan pedoman melaksanakan dan menerapkan hasil. CV. Trans info media : Jakarta timur

Purbowati.S. (2017). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Kelompok A2 di TK Aisyiyah Titang Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017”. p.2.

Asnida.Z.O. (2014). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Kemandirian Anak Usia Prasekolah”, Jurnal Ners dan Kebidanan, vol.1 (1).

Komala.Hj. (2015). “Mengenal dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua dan Guru”, vol.1 (1). p.40.

Rochwidowati.N.S & Widyana.R. (2016). “Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah dengan Pemberian Pendukuh Positif”. no.1. p.54.

Parinduri.H.W, Zubaidah.S, Wijaya. C. (2017). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Interaksi Sosial terhadap Kemandirian Anak Muslim di Kelurahan Silalas Lingkungan VII Kecamatan Medan Barat Kota Medan”. Vol.1 (4). p.535.

Sulasmi.T.S & Ersta K.L. (2016). “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia 3-4 Tahun”. Jurnal AUDI, vol.1, (2).

Sunarty.K. (2016). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak”. Journal of EST, vol. 2. (3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.