Penerapan Teknik Distraksi Relaksasi Aromaterapi Lavender untuk Menurunkan Nyeri Pasien Post Operasi Apendiktomi Di RSUD RA Kartini Jepara

Erlina Afrian, Vera Fitriana

Abstract


Abstrak

Latar belakang: Apendisitis merupakan radang yang timbul secara mendadak pada apendiks yang biasa disebabkan oleh infeksi bakteria. Kejadian apendisitis di Asia Tenggara, Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara dengan angka kejadian tertinggi dengan prevelensi 0,05%. Penanganan apendisitis yaitu dengan apendiktomi, apendiktomi itu memberikan efek nyeri pada pasien. Penatalaksanaan untuk mengurangi nyeri pada pasien post operasi apendiktomi yaitu dengan cara farmakologis dan non farmakologis, untuk mengurangi efek samping dari penggunaan obat kimia berkepanjangan lebih baik menggunakan cara non farmakologis yaitu teknik distraksi relaksasi aromaterapi lavender. Teknik distraksi relaksasi aromaterapi lavender akan mengalihkan perasaan pasien terhadap nyeri. Aromaterapi lavender merupakan teknik pengobatan atau perawatan menggunakan aroma minyak essensial lavender.

Tujuan studi kasus: Untuk mengetahui pengaruh teknik distraksi relaksasi aromaterapi lavender untuk menurunkan nyeri pasien post operasi apendiktomi.

Metode studi kasus: Studi kasus ini menggunakan metode deskriptif, sampel yang diambil 2 orang. Teknik pengumpulan data ini meliputi wawancara, observasi, pemeriksaan fisik dan dokumentasi. Studi kasus ini dilakukan pada tanggal 29 Mei-16 Juni 2019, tindakan dilakukan selama 2 hari dengan waktu pemberian 2 kali sehari.

Hasil studi kasus: Setelah diberikan tindakan teknik distraksi relaksasi terdapat penurunan tingkat nyeri yaitu pada responden 1 nyeri dari skala 6 menjadi skala 3 dan pada responden 2 nyeri dari skala 5 menjadi skala 3.

Kesimpulan: Teknik distraksi relaksasi aromaterapi lavender sangat efektif untuk menurunkan nyeri pasien post operasi apendiktomi di RSUD RA Kartini Jepara.

Kata kunci : Apendisitis, Nyeri, Distraksi Relaksasi, Aromaterapi Lavender

 


Full Text:

PDF

References


Istiqomah, Yasidah Nur,. Abdul Fadlil. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Saluran Pencernaan Menggunakan Metode Dempster Shafer. 2013.

Huda, Amin,. Kusuma Hardhi. Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan DiagnosaMedis dan NANDA NIC-NOC. Edisi Revisi Jilid 1. Mediaction. Yogyakarta. 2016.

Sjamsuhidajat, R., Wim De Jong. Buku Ajar Ilmu Bedah. EGC. Jakarta.2010.

WHO. Prevelensi Penyakit Apendiktomi. 2010, Diakses 14 April 2019. Http//,AngkaKejadianApendiktomi.Co.Id

Kong VY1. Acute Appendicitis in a developing country. World Journal Surger, Volume 36. 2012.https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22562453 diakses pada tanggal

Badan Dan Pengembangan Kesehatan Departement Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar Jawa Tengah. 2013 ?133-141.

Dinkes Jateng. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Semarang? Dinas Kesehatan Jawa Tengah. 2015.

Data Rekam Medis RSUD RA Kartini Jepara. Laporan Rekam Medis RSUDRA Kartini Jepara Tahun 2019. Jepara. 2019.

Theodore, R.S. Dalam Suratini, Edy Suprayitno.Efektivitas AsuhanKeperawatan Pada Klien Post Operasi dengan Analisis NANDA, NOC& NIC. 2011.

Christylia Liliane, et al.Pengaruh TeknikDistraksi Terhadap Penurunn Intensitas Nyeri Pada Pasien PostOperasi Appendicitis Di Rumah Sakit Pancaran Kasih Manando. e-Jurnal Sariputra. Juni 2016 Vol. 2(2). http?//jurnal.unsrittomohon.ac.id diakses pada tanggal 5 April 2019.

Thomas, Gloria A,. dkk. Angka Kejadian Apendisitis di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Periode Oktober 2012-September 2015.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/eclinic/article/view/10960 diakses pada tanggal 25 Februari 2019.

Solehati T,. Kosasih C. E. Konsep dan Aplikasi Relaksasi. Rafika Aditama. Bandung. 2015

Hayati, Nur Intan,. Monika Ginting,. Srihesty Manan. Pengaruh Tehnik Distraksi Dan Relaksasi Terhadap Tingkat Nyeri Pada Pasien Post Operasi Di Rumah Sakit Immanuel Bandung. 2014. http?//ejournal.stik-immanuel.ac.id (diakses pada tanggal 25 Februari 2019).

Brunner,. Suddarth. Keperawatan Medikal Bedah Edisi 12. EGC. Jakarta. 2012.

Bangun, Virgona Agni,. Susi Nur'aeni. Pengaruh aromaterapi lavender terhadap intensitas nyeri pada pasien pasca operasi di Rumah Sakit Dustia Cimahi. 2013. http? atau www.e-jurnal.com>2014 diakses pada tanggal 17 Maret 2019.

Azizah, Siti Uswatun,. Podo Yuwono. Penerapan Distraksi Relaksasi Aromaterapi Lavender Untuk Mengurangi Nyeri Akut Pada Pasien Post Operasi Appendix Di RS PKU Muhammadiyah Gombong. 2017.https://docplayer.info/70292235-Penerapan-distraksi-relaksasi-aromaterapi-lavender-untuk-mengurangi-nyeri-akut-pada-pasien-post-operasi-appendix-di-rs-pku-muhammadiyah-gombong.html diakses pada tanggal 10 April 2019.

A. Potter, Anne Griffin Perry. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Edisi 7. EGC. Jakarta. 2010

Koensoemardiyah. Aromaterapi untuk kesehatan, kebugaran, dan kecantikan. Lily Publiser. Yogyakarta. 2009.

Sutono, dkk. Efek Musik Terhadap Perubahan Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi. 2008. https://www.neliti.com/id/publications/100311/efek-musik-terhadap-perubahan-intensitas-nyeri-pada-pasien-post-operasi diakses pada tanggal 22 Juni 2019.

Wijaya, I Putu Artha. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensitas Nyeri Pasien Pasca Bedah Abdomen Dalam Konteks Asuhan Keperawatan Di RSUD Badung Bali. 2014. https://www.neliti.com/id/publications/76598/analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-intensitas-nyeri-pasien-pasca-bedah-abd diakses pada tanggal 24 Juni 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.