Penerapan Audio Murrotal Al-Qur’an Surat Al Fatihah Terhadap Kecemasan Pasien Pre Operasi Di Rsud Ra Kartini Jepara

Eka Novitasari, Vera Fitriana

Abstract


ABSTRAK

 

Latar Belakang: Pre operasi merupakan tahapan dalam proses pembedahan yang dimulai prabedah (preoperasi), bedah (intraoperasi), dan pascabedah (postoperasi). Prabedah merupakan masa sebelum dìlakukannya tindakan pembedahan, dimulai sejak persiapan pembedahan dan berakhir sampai pasien di meja bedah. Saat menjalani pre operasi tentunya klien atau pasien akan mengalami masa dimana dia merasa takut, gelisah dan cemas. Kecemasan adalah kondisi kejiwaan yang penuh dengan ke hawatiran dan ketakutan akan apa yang mungkin terjadi, baik berkaitan dengan permasalahan yang terbatas maupun hal-hal yang aneh. Rasa cemas dapat menstimulus denyut jantung dan tekanan darah. Kondisi ini dapat memperburuk kesehatan klien, terutama klien yang akan menjalani operasi bahkan dapat memperburuk penyakit yang diderita. Rasa kecemasan yang dialami oleh pasien yang akan menjalani operasi bisa diantisipasi dengan beberapa cara salah satunya dengan terapi murottal. Murottal merupakan rekaman ayat Al-Qur’an yang didengarkan secara langsung kepada seseorang.

Tujuan: Mengetahui pengaruh terapi murottal surah Al-Fatihah terhadap penurunan kecemasan klien pre operiasi di RSUD RA Kartini Jepara.

Metode: Studi kasus ini menggunakan metode deskriptif, sampel yang diambil 2 orang. Teknik pengumpulan data ini meliputi wawancara, observasi, pemeriksaan fisik dan dokumentasi. Studi kasus ini dilakukan pada tanggal 29 Mei-16 Juni 2019, tindakan dilakukan selama 2 hari dengan waktu pemberian 2 kali sehari.

Hasil: Setelah diberikan tindakan teknik audio murrotal Al Qur’an surat Al Fatihah tingkat kecemasan yaitu pada responden 1 kecemasan dari skala 28 menjadi skala 21 dan pada responden 2 kecemasan dari skala 21 menjadi skala 16.

Kesimpulan: Teknik Audio murrotal Al Qur’an surat Al Fatihah sangat efektif untuk menurunkan kecemasan pasien pre operasi di RSUD RA Kartini Jepara.

 

Kata kunci : : Kecemasan, Murrotal, Pre operasi


Full Text:

PDF

References


Puspita, N. A., Armiyati, Y, Arif, S. Efektifitas Waktu Penerapan Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Kecemasan pada Pasien Pre Operasi Bedah Mayor Abdomen di RSUD Tugurejo Semarang. Karya Ilmiah S. 1 Ilmu Keperawatan. 2014.

Uliyah dan hidayat. Ketrampilan Dasar Praktik Klinik Untuk Kebidanan. Salemba Medika. Jakarta. 2009.

Az-zahrani. Konseling Terapi. Gema Insani pers. 2015.

Anxiety and Depresion Assosiation of America. Diakses tanggal 09 mei 2019.

Sudarma. Sosiologi untuk Kesehatan. Salemba Medika. Jakarta. 2009

Yustin, A. Pengaruh Terapi Wewangian Minyak Bunga Mawar dengan Cara Inhalasi terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Preoperasi Diruang Bedah RSUD Solok. Fakultas Ilmu keperawatan Universitas Andalas Padang. 2011.

Vedebeck`. Buku ajar Keperawatan jiwa.EGC. Jakarta. 2012

Hawi. Seluk Beluk Ilmu Jiwa Agama. PT Raja Grafindp Persada. Jakarta. 2014.

Brunner & Suddart. Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah edisi 8.Jakarta : EGC. 2012.

Baradero, Mary. Keperawatn Perioperatif. EGC. Jakarta.2008.

Mulyani. Manajemen Stress. EGC. Jakarta. 2013.

Davies, Teifon. ABC Kesehatan Mental. EGC. Jakarta. 2009.

Nursing Diagnose : Definition & Clasification 2012 – 2014. EGC. Jakarta. 2012.

Purwaningsih, W. Derajat Kecemasan dengan Tindakan Operatif dapat Diminimalisir Dengan Persiapan Preoperatif yang Matang. Infoks. 2012 Vol 2, No 2, 2086-2686.

Nazari, R., Ahmad Zadeh, R., Mohammadi, S., & Kiasari, R. Effect Of Hand Massage On Anxiety In Patients Undergoing Ophthalmology Surgery Using Lokal Anesthesia. Jurnal Of Caring Sciences. 1 (3):2012: 129-134.

Hawari. D. Management Stress Cemas dan Depresi. Edisi 2. FKUI. Jakarta. 2011.

Hamel, W J. The Effects of Music Intervention On Anxiety in the Patient Waiting for Cardiac Catheterizatiob. Intensive and Critical Care Nursing. Vol. 17, No. 5. 2011. 279-2858.

Widhowati, S. S. Efektifitas Terapi Audio dengan Murattal Surah Ar Rahman untuk Menurunkan Perilaku Kekerasan di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang. [Disertasi]. UniversitasDiponegoro. 2010

Syarbini dan Jamhari. Kedahsyatan Membaca Al-Quran. Ruang Kata Imprint Kawan Pustaka.Jakarta. 2012.

Isaacs,Ann. Keperawatan Kesehatan JIwa dan Psikiatri. Edisi 3, Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta. 2015.

Kardiatun, Tutut. Pengaruh Terapi Murrotal Al-Qur’an surah Al Fatihah Terhadap Kecemasan Pasien Pre operasi di RSUD Dr. Soedarso Pontianak Kalimantan Barat. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan. 2015. http://jurnal-stikmuhptk.id/ diakses pada tanggal 20 Juni 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.