GAMBARAN POLA ASUH KELUARGA DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA REMAJA

Vera Fitriana, Siti Mustafida

Abstract


ABSTRAK

Pola asuh dalam keluarga yang penuh kasih sayang dan pendidikan tentang nilai-nilai kehidupan, baik kesehatan sosial dan agama yang diberikan merupakan faktor yang kondusif untuk mempersiapkan anak yang untuk menjadi pribadi dan anggota masyarakat yang sehat. Pola asuh orang tua adalah upaya orang tua dalam mengasuh, merawat, membesarkan dan mendidik seorang anak yang dapat mempengaruhi kualitas anak baik biologis, psikologis, atau sosial. Jenis pola asuh orang tua pada anaknya dibagi menjadi tiga antara lain pola asuh permisisf, pola asuh toriter, dan pola asuh demokratis. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui gambaran pola asuh keluarga dengan tingkat depresi pada remaja di desa Rejosari Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan pengelompokkan data, validasi data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh keluarga memberikan peran besar dalam pembentukan kepribadian dan tingkah laku seoranga anak, pola asuh orangtua demokratis menunjukkan tingkat depresi pada remaja lebih banyak yang tidak depresi dibandingkan dengan pola asuh otoriter. Remaja yang tidak depresi sebagian besar berasal dari pola asuh demokratis dibandingkan dengan yang berasal dari pola asuh permisif dan berasal dari pola asuh otoriter. Kesimpulan dari penelitian ini menggambarkan pola asuh keluarga yang demokratis menunjukkan angka paling dominan terhadap terjadinya  depresi pada remaja dibandingkan dengan pola asuh otoriter dan pola asuh permisif.

Kata Kunci: Pola Asuh Keluarga, Remaja, Depresi

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Parenting in a family that is full of love and education about the values of life, both social and religious health provided is a conducive factor for preparing children to be healthy individuals and members of society. Parenting is a parent's effort in nurturing, caring for, raising and educating a child that can affect the quality of children both biologically, psychologically, or socially. The type of parenting parents in their children is divided into three, among others, permissive parenting, literary parenting, and democratic parenting. The purpose of this study in general was to determine the description of family parenting with the level of depression in adolescents in the village of Kudus Rejosari. The research method used is a qualitative descriptive method. Data collection techniques were carried out by in-depth interviews. Data analysis is done by grouping data, data validation, and verification. The results showed that parenting gave a large role in the formation of personality and behavior of children, parenting democratic parents showed more depression in adolescents who were not depressed compared to authoritarian parenting. Most non-depressed teens come from democratic parenting compared to those from permissive parenting and from authoritarian parenting. The conclusion of this study illustrates that democratic parenting shows the most dominant number of occurrences of depression in adolescents compared to authoritarian parenting and permissive parenting.

 

Keywords: Family, Adolescent Parenting, Depression


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Dewi, Ismira, 2008. Mengenal Bentuk Pola Asuh Orang Tua; 2009.

Sarwono S. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo; 2011.

Sofia. Kesehatan Reproduksi Remaja. Yogyakarta: Lab Ilmu Kedokteran Jiwa FK UGM; 2011.

Lestari T. Kumpulan Teori untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuba Medika; 2015.

Stewart, A.C., dan Koch J. Children Development Trough Adolescence. John Wiley & Soon, editor. Canada: .; 1983.

Tujuwale et al. Hubungan Pola Asuh Orang Tua DenganTingkat Depresi Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Amurang. ejournal Keperawatan (e-Kp) Volume 4 Nomor 1, Mei 2016. 2016;4:1–8.

Arsyam S dan Murtiani. Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Depresi Pada Remaja. 2017;2:17–20.

Hurlock E. Developmental Psycology: A Life Span Approach, fifth edition. Mc Graw Hill, editor. 1992.

Siswanto. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangannya. Yogyakarta : Andi; 2007.

Lubis NL. Depresi dan tinjauan psikologis. Jakarta: Prenada Media Group;

Friedman. Keperawatan Keluarga. Jakarta: EGC; 2003.

Santi E. Pengaruh Pola Asuh Terhadap Agresivitas Remaja. 2002;

Yusuf S. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya; 2006.

Tilar. Merokok? Ngapain juga! 2002;

Moleong LJ. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset; 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2012.

Bungin B. Penelitian Kualitatif, Komunikasi Publik dan Ilmu Sosial Lainnya Edisi 2. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2008.

Gunarsa, Singgih YSDG. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.; 2002.

Sani Ibrahim A. Panik Neurosis dan Gangguan Cemas. Edisi pertama. Tangerang: Penerbit Jelajah Nusa; 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.