PERAWATAN LUKA MODERN DENGAN MENGGUNAKAN TOPIKAL HYDROGELL DAN METCOVAZIN PADA NY.S DENGAN POST EKSISI HARI KE-17 ULKUS DIABETIKUM di DESA BALONG KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA

jamaludin jamaludin, W D rositasari

Abstract


Penulisan ini merupakan Studi Penelaah Kasus (Case Study) yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan keberhasilan dressing hydrogell dan metcovazin sebagai primary dressing pada Ny.S dengan ulkus diabetikum di Desa Balong Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.  Studi ini dilakukan dengan observasi dan implementasi perawatan luka yang dilakukan selama 15 hari di rumah Ny.S. Hasil perawatan luka kaki diabetik pada Ny.S menggunakan topikal hydrogell dan metcovazin mengalami perkembangan luka yang signifikan, dengan perubahan ukuran luka pada tiga lokasi yang mulai mengecil, produksi eksudat berkurang, luka menjadi tidak berbau, kulit sekitar luka tampak kalus menipis, dan tidak kering atau keras. Tepi luka menyatu dan munculnya granulasi yang diikuti dengan proses epitelisasi pada tepi luka. Karena topikal hydrogell dan metcovazin memiliki kandungan yang mampu mempertahankan kondisi luka tetap lembab sehingga mempercepat proses penyembuhan luka. Keduanya dapat membantu proses peluruhan jaringan nekrotik oleh tubuh sendiri atau disebut dengan autolysis debridement yang menggunakan proteolytic enzymes dari sel darah putih, fibrinolitik dan enzim collagenolytic untuk melembutkan dan memecahkan jaringan nekrotik secara selektif dengan membutuhkan lingkungan luka yang lembab.  Dengan lisis atau hancurnya jaringan nekrotik pada luka akan mempercepat proses proliferasi yaitu timbulnya granulasi atau tumbuhnya jaringan baru pada luka dan mempercepat proses epitelisasi atau penutupan luka yang sempurna.


References


Amin, Hardhi. Panduan Penyusunan Asuhan Keperawatan Profesional, Mediaction Publishing, Edisi Revisi Jilid 1. Hal 120. Yogyakarta.

Sari, Retno Novita. Diabetes Mellitus. Nuha Medika Cetakan Pertama, September 2012; Hal 18. Yogyakarta.

Stephen, J.Mephee, MD; William F.Ganang; Alih Bahasa, Brahm U.Pendit, dkk. Patofisiologi Penyakit: Pengantar Menuju Kedokteran KLinis. 2010; Edisi 5; Jakarta; EGC.

E-jurnal Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI Situasi dan Analisis Diabetes. 2013(cited 2014).

Available from

http://www.depkes.go.id/download.php.download/pusdatin/infodatin/infodatin_diabetes.pdf.

E-jurnal Profil Kesehatan Kabupaten Jepara. 2012; Hal.56.

E-jurnal Buku Saku Kesehatan Tri Wulan 3 Tahun Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. 2015; Hal.15.

http://www.dinkesjatengprov.go.id/v2015/dokumen/bsktw3_15/BsKesh_tw3_15_Final.pdf.

Tiara, Shinta dkk, Efektifitas Perawatan Luka Kaki Diabetik Menggunakan Balutan Modern Di RSUP Sanglah Denpasar Dan Klinik Dhalia Care.

Ronald, W.Kartika.Perawatan Luka Kronis Dengan Modern Dressing.2015.

Available from

http://www.Kalberned.com/portals16/22_230TeknikPerawatanlukakronisdenganmodern.dressing.pdf.

Potter, P. A & Perry, AG. Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses dan Praktik. 2005; vol.2; Edisi 4. Jakarta; EGC.

Cathenne T, Milne, Debra L.Dubuc, dkk. Wound, Ostomy and Continence Nursing Secret. 2003; Hanley & Belfus, INC.USA

Tarwoto, Ns, S.Kep. M.Kep, dkk. Keperawatan Medikal Bedah Gangguan Sistem Endokrin. Tran Info Media. Jakarta 22 Juli 2011

Srigitarja, Widasari. Perawatan Luka; Student Handbook CWCCA. 2014; Bogor; Wocare Indonesia.

Ismail Dina Dewi Sartika Lestari, dkk. Penggunaan Balutan Modern Memperbaiki Proses Penyembuhan Luka Diabetes. 2009; Uiversitas Brawijaya.

Aminanto, Slamet, dkk. Efektifitas Gel Aloe Vera Sebagai Primary Dressing Pada Luka Diabetes Mellitus Di Praktik Perawatan Luka Indaryati Sleman Yogyakarta. 2015: hal.3.Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.