RISIKO KONSTIPASI PADA NY. A DENGAN POST SEKSIO SESAREA DI RUANG BOUGENVIL RSUD RA. KARTINI JEPARA

D Yulianik, E pujiati

Abstract


Penulisan ini adalah merupakan evaluasi terhadap risiko konstipasi post seksio sesarea hari ke 2 dengan analisa data menggunakan deskriptif dengan studi literatur. Studi ini dilaksanakan dengan observasi dan wawancara pada ibu yang melahirkan dengan cara operasi seksio sesarea yang dirawat di ruang Bougenvil RSUD RA. Kartini Jepara. Hasil obverasi menunjukkan tindakan post operasi bagian perut dapat menghambat dan menghentikan kerja dari usus. Ibu yang melahirkan dengan cara operasi seksio sesarea terjadi resiko terhadap penurunan frekuensi normal atau yang disebut juga dengan risiko konstipasi. Risiko konstipasi itu terjadi setelah 2 hari di lakukannya operasi seksio sesarea. Pada pasien post seksio sesarea secara khas terjadi kelemahan pada abdomen sehingga menyebabkan motilitas cerna mengalami penurunan yang di sebabkan beberapa hal yaitu efek obat anestesi, menurunnya hormon progesteron dan kurangnya mobilisasi dini. Pada pasien post seksio sesarea menganggap risiko konstipasi merupakan ha lyang biasa, namun jika tidak di atasi akan menimbulkan efek yang serius.


Full Text:

PDF

References


Wiknjosastro, Hanifa.Ilmu Kebidanan.Edisi ketiga.Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.Jakarta.2008:180,863.

Ernawati,Suryanti,Intan Dyah Rahmawati.Pengaruh Statik Kontraksi terhadap Kecepatan Kembalinya Peristaltik Usus pada Pasien Post Sectio Caesarea. Jurnal Ilmiyah Kebidanan Abstrak.RSUD Cilacap.2014.VOL 5 NO I Edisi Juni 2014.

Marmi.Asuhan Kebidanan pada Masa Nifas Peuperium Care.Pustaka Pelajar.Yogyakarta.2012.91.

Ester,Monica.Diagnosis Kperawatan Definisi dan Klasifikasi 2009-2011.Buku Kedokteran EGC.2010.Jakarta.

Mansjoer,Arif.Kapita Selekta Kedokteran Edisi ke 3 Jilid 2.Media Aesculapius.Jakarta.2000.

Ike Sri Redjeki.Perbandingan Efektivitas Anestesi Spinal Menggunakan Bipuvakain Isobarik dengan Bipuvakain Hiperbarik pada Pasien yang Menjalani Operasi Abdomen Bagian Bawah.Artikel Penelitian.Jurnal Anestesi Perioperatif 2013;1(2):69-77.

Brown DL.Spinal,Epidural and caudal ansthesia.In:Anesthesia.Ed 5 th Volume 1.Calivornia.2000.

Sridianti.Apakah fungsi Hormon Progersteron pada wanita. http://yuanariani. blogspot.com/2012/10/hormon-progesteron.html.di akses pada Hari Senin tanggal 15 Juni 2015.

Nugroho,Ponco Sri Hartanto.Hubungan Aktivitas Fisik dan Konstipasi dengan derajat Hemoroid di URJ Bedah.Jurnal Penelitian Research Abstrak.RSUD Dr.Soegiri Lamongan.VOL.02.NO XVIII.Juni 2014.

Supartini,Yuli Setyowati.Karakteriktik yang Mempengaruhi Mobilisasi Dini pada Ibu Nifas Post Sectio Caesarea.Jurnal Ilmiyah Kebidanan Abstrak. RSUD Dr. Soetomo Surabaya.VOL II.NO.Januari 2013.

Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.The Role of Dietary Fiber From Health Manitenance, Prevention and Therapy Aspect.Jurnal Abstrak.Majalah kedokteran Universitas Andalas.VOL 31 NO 2.Juli 2007.

Kusharto,Clara M.Serat Makanan dan Peranannya Bagi Kesehatan. Jurnal Gizi dan Pangan, November 2006 1(2) :45-54.

Mayorga, Ellyzabeth, Siti Madanijah,Naufal Muharam Nurdin. Hubungan Asupan Serat Makanan dan Air dengan Pola Defekasi Anak Sekolah.Jurnal Gizi dan Pangan,Maret 2014 9(1) :7-14 ISSN 1978-1059.Bogor.

Nurarif,Amin Huda. Aplikasi Asuhan keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis. Media Action.Yogyakarta.2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.