HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT DENGAN KETRAMPILAN PENDOKUMENTASIAN

S Yusra

Abstract


Penulisan penelitian ilmiah menggunakan desain penelitian cross sectional, dimana peneliti mempelajari hubungan variable bebas (pengetahuan dan sikap) dengan variable tergantung (pendokumentasian keperawatan). Sampel dalam penelitian ini adalah semua perawat lulusan Akper Krida Husada di ruangan penyakit dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak sebanyak 20 orang. Instrumen atau alat pengumpulan data pada peneltian ini menggunakan kuisioner dan observasi. Dengan menggunakan uji nonparametrik yaitu uji Korelasi Spearman rho. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap perawat dengan ketrampilan pendokumentasian keperawatan di ruangan penyakit dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak. Hasil penelitian yang telah dilakukan antara lain: terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan perawat dengan pendokumentasian keperawatan dan terdapat hubungan yang bermakna antara sikap perawat dengan pendokumentasian keperawatan.


Full Text:

PDF

References


Diyanto, Yahyo. (2007). Analisis Faktor – Faktor Pelaksanaan Dokumentasi Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang. http://eprints.undip.ac.id/15951/1/yah yo_dianto.pdf. Diakses pada tanggal 13 September 2013 pada pukul 13.00

WIB

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika, hal: 117 – 118.

Wahyuni, E.D (2012). Pengembangan Model Perilaku Perawat dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Berbasis Theory of Planned Behavior di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Tesis Fakultas Keperawatn Universitas Airlangga (Tidak Dipublikasikan).

Azwar, S. (2010). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Handayaningsi. (2009). Dokumentasi Keperawatan. Yogjakarta : Mitra Cendikia Press.

Muninjaya, A.A Gede. (2005), Manajemen Keperawatan, Edisi kedua, Penerbit buku Kedokteran, Jakarta

Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Santoso, Singgih. (2001). Buku Latihan SPSS statistic Non

Parametrik. Jakarta: Elex Medika Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.