GAMBARAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE SELAMA MENSTRUASI REMAJA PUTRI DI DUKUH SUDIMORO DESA KARANGMALANG KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS

Eny pujiati

Abstract


Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan cross sectional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku personal hygiene selama menstruasi remajaputri Di Dukuh Sidomoro Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran perilaku personal hygiene selama menstruasi remajaputri Di Dukuh Sidomoro Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus dengan kategori perilaku cukup (54%). 2) Gambaran perilaku personal hygiene dalam melakukan perawatan kulit dan wajah selama menstruasi remajaputri Di Dukuh Sidomoro Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus dengan kategori perilaku cukup (60%). 3) Gambaran perilaku personal hygiene dalam melakukan kebersihan rambut selama menstruasi remajaputri Di Dukuh Sidomoro Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus dengan kategori perilaku cukup (46%).

 

4)    Gambaran perilaku personal hygiene dalam melakukan kebersihan tubuh selama menstruasi remajaputri Di Dukuh Sidomoro Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus dengan perilaku baik (84%). 5) Gambaran perilaku personal hygiene dalam melakukan kebersihan genetalia selama menstruasi remajaputri Di Dukuh Sidomoro Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus dengan perilaku cukup (54%). Gambaran perilaku personal hygiene dalam melakukan kebersihan pakaian sehari-hari selama menstruasiremajaputri Di Dukuh Sidomoro Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus dengan perilaku cukup (44%) dan Gambaran perilaku personal hygiene dalam penggunaan pembalut selama menstruasi remajaputri Di Dukuh Sidomoro Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus dengan perilaku baik (88%). Berdasarkan hasil penelitian peneliti menarik kesimpulan Perilaku personal hyegine selama menstruasi remaja putri Di Dukuh Sidomoro Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus cukup.


Full Text:

PDF

References


Wiknjosastro, 2006. Ilmu

Kandungan.Jakarta : YBPSP

Manuaba, Ida Bagus Gde. 2001. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita.Jakarta: EGC.

Sarwono. 2006. Psikologi Remaja. Jakarta : PT Rajagrafido Persada.

Riswanto.2009.Jurnal Penelitian.

Terdapat pada http://www.mail-archive.com/milis-nakita@news.gramedia-majalah.com/msg04634.html Acceseed 10 Oktober .

Notoatmodjo, 2005, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta

Sarwono, 2006. Perawatan

menstruasi. Terdapat pada

www.situs.kesrepro.info/krr/materi/rem

aja.htm, diakses tanggal 10

Oktober

Pancawati. 2007. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Menstruasi

Dengan Kecemasan di SMP

Muhammadiyah Gombong. Jurnal Penelitian

JPK Vol. 3, No. 1, Januari 2016:1-7

Varney, H. 2007. Buku Ajar Asuhan lebih-jauh-tentang-kebersihan-tubuh-

Kebidanan Volume 2. Jakarta : EGC kita/

Siswono. 2001. Kebersihan Tubuh.

http://piogama.ugm.ac.idmengenal-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.