PENGALAMAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA SEKOLAH YANG KECANDUAN GADGET

Gardha Rias Arsy, Nailil Muna, Eny Pujiati

Abstract


ABSTRAK

Orang tua merupakan lingkungan pertama anak yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak atau generasi muda. Peran orang tua dalam mengasuh, melindungi, membesarkan dan membimbing sesuai dengan tahapan perkembangannya tidaklah mudah. Anak usia sekolah tentu sudah tidak asing lagi menggunakan gadget. Banyak anak yang sudah memiliki gadget pribadi. Penggunaan gadget secara efektif akan berdampak positif. Tujuan untuk mengetahui pengalaman orang tua dalam mendampingi anak usia sekolah yang kecanduan gadget. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil Studi Fenomenologi: Pengalaman Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Sekolah Yang Kecanduan Gadget di Desa Klaling Kabupaten Kudus yang melibatkan 10 peserta dapat disimpulkan menjadi 5 tema, (1) Gadget sebagai sarana belajar anak, (2) Dampak kecanduan gadget terhadap perkembangan anak, (3) Perubahan anak yang menggunakan gadget,

(4) Peran orang tua dalam membatasi anak kecanduan gadget, (5) Merugikan penyalahgunaan gadget. Pengalaman Orang Tua Mendampingi Anak Usia Sekolah Yang Kecanduan Gadget di Desa Klaling Kabupaten Kudus ada 5 tema.

Kata Kunci : Gadget, Orang Tua, Anak Usia Sekolah.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amini, A. S., & Arsy, G. R. (2022). Gambaran Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) pada Lansia Pasca Positif Covid-19. Nursing Information Journal, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.54832/nij.v2i1.279

Annisa, M.N., Wiliah, A. and Rahmawati, N. (2020) ‘Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital’, Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), pp. 35–48. Available at: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Arsy, G. R., Purwandari, N. P., & ... (2023). Aspek Kualitas Hidup Dan Spiritual Orang Dengan Hiv/Aids (Odha) Yang Menjalani Perawatan Paliatif: Literature Review. Jurnal Profesi …, 10(2), 161–172. https://jprokep.jurnal.centamaku.ac.id/index.php/jpk/article/view/165

Aslan, A. (2019) ‘Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital’, Jurnal Studia Insania, 7(1), p. 20. Available at: https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269.

Hakim, A. N., & Arsy, G. R. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga dengan Perawatan Penderita Hipertensi di Rumah. Nursing Information Journal, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.54832/nij.v2i1.280

Hidayatuladkia, S.T., Kanzunnudin, M. and Ardianti, S.D. (2021) ‘Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), p. 363. Available at: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996.

Amini, A. S., & Arsy, G. R. (2022). Gambaran Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) pada Lansia Pasca Positif Covid-19. Nursing Information Journal, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.54832/nij.v2i1.279

Annisa, M.N., Wiliah, A. and Rahmawati, N. (2020) ‘Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital’, Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), pp. 35–48. Available at: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Arsy, G. R., Purwandari, N. P., & ... (2023). Aspek Kualitas Hidup Dan Spiritual Orang Dengan Hiv/Aids (Odha) Yang Menjalani Perawatan Paliatif: Literature Review. Jurnal Profesi …, 10(2), 161–172. https://jprokep.jurnal.centamaku.ac.id/index.php/jpk/article/view/165

Aslan, A. (2019) ‘Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital’, Jurnal Studia Insania, 7(1), p. 20. Available at: https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269.

Hakim, A. N., & Arsy, G. R. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga dengan Perawatan Penderita Hipertensi di Rumah. Nursing Information Journal, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.54832/nij.v2i1.280

Hidayatuladkia, S.T., Kanzunnudin, M. and Ardianti, S.D. (2021) ‘Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), p. 363. Available at: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996.

Khaerunnisa, M. et al. (2021) ‘Hubungan Digital Parenting dengan Perkembangan Anak’, Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 20(2), pp. 57–68.

Lestari. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan, 5(1), 61. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643

Masturi, H., Hasanawi, Asyrafinafilah and Hasanawi, Adib (2021) ‘Jurnal Inovasi Penelitian’,

Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), pp. 1–208.

Mifta Ayu Firmanda, Mila Kristiani, Fida, H. (2021) ‘Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Status Gizi pada Siswa SMK Batik 2 Surakarta’, 2, pp. 20–25.

Muwindhasari, B. et al. (2022) ‘Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Nyeri Leher Dan Gangguan Tidur Pada Anak Usia Sekolah’, Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5, pp. 261–270. Available at: https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj.

Puji Asmaul Chusna (2017) ‘Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak’,

Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, vol 17(no 2), p. 318.

Putri, A.K., Reynanda, syifa aulia and Raisa, readen roro (2021) ‘Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mata Di Masa Pandemi’, Jurnal Komunikasi Kesehatan Masyarakat, 3(desember), pp. 26–38.

Rias Arsy, G., Izzatul Milla, A., Studi Ilmu Keperawatan, P., & Cendekia Utama Kudus Lingkar Raya Kudus, S. J. (n.d.). GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KADER POSYANDU DALAM PEMANTAUAN PERTUMBUHAN PERKEMBANGAN BALITA DI WILAYAH PUSKESMAS REJOSARI KABUPATEN KUDUS. http://jurnal.akperkridahusada.ac.id

Rismala, Y. et al. (2021) ‘Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini’, El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(01), pp. 46–55. Available at: https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.273.

Sinta (2018) ‘Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak di TK Aisyiyal Bustanul Athfal VI’, Artikel Penelitian, 2018(2018), pp. 1–11.

Sri Hindriyastuti, Noor Faidah, & Gardha Rias A. (2023). The Effect Of Progressive Muscle Relaxation Therapy On Reducing The Stress Level Of Inmates In Class II B Kudus Detention Center. International Journal Of Health Science, 3(2), 110–117. https://doi.org/10.55606/ijhs.v3i2.2752


Refbacks

  • There are currently no refbacks.