PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT

Hirza Ainin Nur

Abstract


ABSTRAK

 

Caring adalah salah satu aspek yang wajib dimiliki perawat. Caring merupakan kepedulian perawat dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Adanya perilaku caring yang dimiliki perawat, pasien merasa diperhatikan. Perilaku caring ditunjukkan dengan keramah tamahan perawat, senyuman, lemah lembut, empati, komunikasi, serta mendengarkan dengan seksama keluhan pasien. Perilaku caring inilah yang membuat pasien merasa puas dengan layanan keperawatan yang diberikan. Perilaku caring tidak hanya mampu meningkatkan kepuasan pasien tetapi juga mampu memberi keuntungan bagi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi literatur perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dengan mencari artikel penelitian menggunakan databsae google cendekia berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, kata kunci yang digunakan yaitu caring perawat dan kepuasan pasien, didapatkan 11 arikel yang sesuai. Hasil studi literatur ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Diharapkan perawat mempunyai perilaku caring yang baik guna meningkatkan kepuasan pasien.

 

Kata kunci : Caring, Kepuasan Pasien, Perawat.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdillah Kurnia Palupi, Yunia Susilowati, M.M.D. (2023) ‘Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pemenuhan Kebutuhan Personal Hygiene’, Jurnal Kesehatan, 12(2), pp. 100–110. Available at: https://doi.org/10.37048/kesehatan.v12i2.165.

Ambarika, R. and Wardani, L.K. (2021) ‘Analisis Hubungan Perilaku Caring dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Kesehatan’, The Indonesian Journal of Health Science, 13(1), pp. 53–60. Available at: https://doi.org/10.32528/ijhs.v13i1.5273.

Anik Inayati, et all (2021) ‘Perilaku Caring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Yang Menjalani Hemodialisis Pada Masa Pandemi Covid-19’, Peran Mikronutrisi Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19, 11 No 1(Januari), pp. 1–8.

Darmawan, A.K.N. (2019) ‘Hubungan Perilaku Caring Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Klungkung’, Jurnal Dunia Kesehatan, 5(1), pp. 48–53.

Dedi Krismiadi, F.P.B.W. (2023) ‘Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Yang Menjalani Terapi Hemodialisis Di Ruang Hemodialisis’, Jurnal Keperawatan Florence Nightingale (JKFN), 6(2), pp. 59–64. Available at: https://doi.org/10.52774/jkfn.v6i2.119.

Dyah Lestari, M., Sri Oktri Hastuti, A. and Maura Harjanti CB, S.T. (2021) ‘Hubungan Antara Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Saat Pandemi Covid-19 di Ruang Perawatan Salah Satu Rumah Sakit Swasta di Yogyakarta’, I Care Jurnal Keperawatan STIKes Panti Rapih, 2(2), pp. 170–183. Available at: https://doi.org/10.46668/jurkes.v2i2.197.

Fitri Mailani dan Nera Fitri (2017) ‘Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. Rasidin Padang’, Endurance : Kajian Ilmiah dan Problematika Kesehatan, 2(2).

Hidayat, A.A. (2012) Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia : Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Irawan, B. et al. (2020) ‘Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality (Servqual)’, Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 3(1), pp. 58–64. Available at: https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.522.

Langingi, A. (2022) ‘Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien’, Jurnal Sains dan Kesehatan, 1(2), pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.57151/jsika.v1i2.43.

Mutmainnah, U., Ahri, A.R. and Arman (2021) ‘Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar 2020’, Journal of Muslim Community Health, 2(1), pp. 52–74.

Ningsih, Y. (2020) ‘Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Jasa BPJS Di RS An-Nisa Tangerang Tahun 2020’, Jurnal Health Sains, 1(4), pp. 252–261. Available at: https://doi.org/10.46799/jhs.v1i4.44.

Nursalam (2015) Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Pohan Imbalo S (2016) Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar – Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Potter PA. & Perry AG. (2018) Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Prasetyo, H. et al. (2023) ‘HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN BALADHIKA HUSADA JEMBER The Relationship Of Nurse ’ s Caring Behavior With Patient Satisfaction In Hospital Baladhika Husada Jember’, 5(2), pp. 103–108.

Pratiwi, F.W. and Saparwati, M. (2023) ‘Jurnal Keperawatan Berbudaya Sehat Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien’, Jurnal Keperawatan Berbudaya Sehat, 1(1), pp. 1–4.

Septi Andrianti, F.M. (2022) ‘Saran pihak membuat program pelatihan untuk meningkatkan pengarhuan dan perilaku caring perawat sehingga tingkat kepuasan meningkat. Kata kunci : Caring, Kepuasan’, Nursing Journal, 2.

Simamora, R.H. et al. (2017) ‘Penguatan Kinerja Perawat dalam Pemberian Asuhan Rumah Sakit Royal Prima Medan’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), pp. 300–304.

Sriwiyati, L. and Lina Dwi Nursanti, A. (2022) ‘Tingkat Kepuasan Pasien Pada Layanan Rumah Sakit Di Masa Pandemi Covid-19’, KOSALA : Jurnal Ilmu Kesehatan, 10(2), pp. 107–116. Available at: https://doi.org/10.37831/kjik.v10i2.239.

Sulaiman, Anggriani and Fajrillah (2021) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien RawatInap Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit’, Jurnal Kesehatan dan Masyarakat, 1(1), pp. 26–31.

Susanti, T.Y. and Apriana, R. (2019) ‘Perilaku Caring Perawat Dan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit’, Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 3(1), pp. 0–11. Available at: https://doi.org/10.52020/jkwgi.v3i1.1078.

Watson (2007) Theory of Human Caring, Danish Clinical Nursing Journal.

Wirajaya, I.G., Prihandhani, I.S. and Artha, A.P. (2020) ‘Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Asing Yang Menjalani Rawat Inap’, Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist), 15(1), pp. 116–124. Available at: https://doi.org/10.36911/pannmed.v15i1.661.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.