STUDI DESKRIPTIF KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP CEMPAKA 2 DAN SAKURA DI RSUD KAYEN PATI TAHUN 2023

Wahyu Yusiyanto, Melinda Arta Mevia

Abstract


ABSTRAK

 

Latar Belakang : Perawat memegang peranan yang signifikan dalam memengaruhi kualitas pemberian asuhan keperawatan dalam layanan kesehatan yang optimal. Sebagai garda terdepan, perawat memiliki peran penting dalam mengelola tidak hanya pasien individu, tetapi juga proses keseluruhan yang berkelanjutan, sehingga memungkinkan mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas dalam memberikan asuhan keperawatan dengan profesionalisme. Menurut World Health Organization (WHO) dari jumlah tenaga kerja yang tidak patuh dengan prosedur atau penggunaan alat pelindung diri yang kurang memadai sebesar 35% s.d 50% di dunia terpapar bahaya fisik, lingkungan sekitar pasien Sehingga perawat dalam menjalankan tugasnya perlu memakai alat pelindung diri (APD) untuk melindungi diri dari risiko terkena penyakit yang dapat ditularkan langsung oleh pasien rawat inap saat melakukan tindakan atau kontak dengan mereka. Salah satu dampak dari tidak menggunakan APD saat bekerja adalah kemungkinan tertular penyakit dari pasien dan terkena infeksi nosocomial. Metode : Populasi dalam riset ini berjumlah 32 responden, Teknik sampel yang dipergunakan ialah total sampling. Jenis riset ini yaitu study deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang tujuannya untuk mendiskripsikan kepatuhan penggunaan APD pada perawat di ruang rawat inap Cempaka 2 Dan Sakura RSUD Kayen Pati. Hasil : Penggunaan alat pelindung diri (APD) perawat diruang cempaka dan sakura dalam kategori patuh sebanyak 26 responden (81.2 %) sedangkan perawat yang tidak patuh memakai APD sebanyak 6 orang (18.8%). Kesimpulan : Penggunaan APD Perawat di ruang cempaka dan Sakura dalam kategori yang paling banyak yaitu patuh sebanyak 26 responden (81.2%).

Kata Kunci : Perawat,Kepatuhan,APD.


Full Text:

PDF

References


Amirullah, A.N. and Sasmita, S. (2022) ‘Gambaran Kepatuhan Menggunakan Alat Pelindung Diri ( APD ) Perawat Guna Mencegah Infeksi Nosokomial Di Balai Besar Kesehatan Paru Kota Makassar’, 1(2), pp. 150–154. doi:10.54259/sehatrakyat.v1i2.936.

Astin, A., & Paembonan, A. (2021). Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Perawat dalam Penanganan Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Siloam Makassar. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 31–35. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.60

Astuti, Yuliwar, D. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Perawat Dengan Tingkat Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Di Ruang Icu, Igd Dan Irna Imam Bonjol Rsud “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(3), 663–669. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/1375/960

Balbeid, M., Rachmi, A. T, & Alamsyah, A. (2018). Pengaruh pengetahuan dan sikap dokter dan perawat terhadap kesiapan berubah dalam menerapkan clinical pathway. Prodenta Journal of Dentistry: 2 (1): 98-107.

Ditha, V., Pertiwiwati, E., & Rizany, I. (2019). MOTIVASI PERAWAT DENGAN KEPATUHAN MENGGUNAKAN ALAT PELINDUNG DIRI (Vol. 2, Issue 1).

Garudiwati, B. D., Kusumawati, W., & Arini, M. (2018). Pengaruh Determinan Perilaku Terhadap Kepatuhan Perawat Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) di Rumah Sakit Swasta Yogyakarta. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4.

Icek Ajzen dan Martin Fishbein. (2013). Hubungan motivasi dan kepatuhan. ECG: Jakarta. Juliandi, W. (2019). Pengelolaan instalasi pusat sterilisasi di Rumah Sakit Pusat Pertamina dan

Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Linda Silvana, E. (2017). Hubungan Antara Beban Kerja Dan Pendidikan Perawat Dengan Kualitas Dokumentasi Keperaw atan Di Ruang Rawat Inap RS Pelabuhan jakarta.

Malik, D. I. H. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan Perawat Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Pada Pasien Di Rumah Sakit.

Milyandra,(2016). K3 (Kesehatan dan Keselamatan kerja), diakses melalui : http://www.milyy.wordpress.com.

Molina, Vera Fitria. (2012). Analisa Pelaksanaan Program Pencegahan dan pengendalian infeksi nosocomial di Rumlital Dr. Mintohardjo.Jakarta : FKM UI.

Nila Lestari, P. (2015). Hubungan Motivasi Perawat Dengan kepatuhan Pelaksanaan Pemberian Obat Oral.

Nursalam, (2014). Manajemen Keperawatan dan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 4. Jakarta Salemba Medika.

Putri, A. salma (2018) ‘Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepatuhan Perawat Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Di RSUP DR. Kariadi Semarang’, 6, pp. 800–808.

Syarfan, N.R. et al. (2022) ‘Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan APD pada Perawat di IGD dan ICU’, 03(01), pp. 371–379.

Sucipto, (2014). Kesehatan dan keselamatan kerja.Yogyakarta : Gosyen publishing.

Yusran, M.(2017). Kepatuhan Penerapan Prinsip-Prinsip Pencegahan Infeksi (Universal Precaution) Pada Perawat di RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung. Bandar Lampung: Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi-II Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.