PENATALAKSANAAN PASIEN GANGGUAN JIWA DENGAN PERILAKU KEKERASAN DI RUANG CITRO ANGGODO RSJD Dr. AMINO GONDOHUTOMO SEMARANG

Y Susilowati, D W Ningsih

Abstract


Pemberian strategi pelaksanaan pada klien dengan perilaku kekerasan bertujuan agar klien dapat mengontrol marah dengan cara yang konstruktif serta mencegah terjadinya perilaku kekerasan yang dapat membahayakan diri sendiri, orang lain maupun lingkungan. Hal ini sesuai dengan apa yang telah dilakukan oleh penulis selama 3 hari yaitu mengajarkan SP1P, SP2P dan SP3P, dimana pasien sudah mulai mampu membina hubungan saling percaya. Klien tampak kooperatif, akan tetapi masih bicara cepat dan keras. Klien mampu menyebutkan tanda gejala marah yaitu mata melotot, tangan mengepal, berdebar-debar dan bicara keras. Klien mampu menyebutkan penyebab marah yaitu karena bercerai dengan istri dan tidak bekerja lagi. Klien mampu menyebutkan perilaku kekerasan yang dilakukan yaitu memukul televisi dan membanting barang. Klien mampu menyebutkan dampak negatif dari perilaku kekerasan yaitu tangan sakit dan barang rusak. Klien mampu mendemonstrasikan cara mengontrol marah dengan tarik nafas dalam namun untuk jadwal kegiatan harian masih diingatkan.


Full Text:

PDF

References


Direja, Ade Hermawan Surya. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Jiwa. Penerbit Buku Nuha Medika. Yogjakarta. 2011.

Yosep, Iyus. Buku Keperawatan Jiwa. Penerbit Buku PT. Refika Aditama. Bandung. 2010.

Damaiyanti & Iskandar. Asuhan Keperawatan Jiwa. Penerbit Buku PT. Refika Aditama .Bandung. 2012

Widiyatmoko, Wahyu Tri. Asuhan Keperawatan Jiwa Dengan Perilaku Kekerasan. 2010 jurnal.ums.ac.id.pdf diakses pada tanggal 20 Mei 201

Riset Kesehatan Dasar. Prevalensi gangguan jiwa di RSJD Amino

gondohutomo Semarang. 2010 digilib.ump.ac.id

Keliat Budi A & Akemat. Model Praktik Keperawatan Jiwa. Penerbit Buku Kedokteran. EGC. Jakarta. 2009.

Indriana, Bil Resti. Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Stress. Jurnal keperawatan pdf. 2014 Diakses pada tanggal 9 Juni 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.