HUBUNGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD 4 KARANGROWO UNDAAN KUDUS TAHUN 2021

Ilham Setyo Budi, Eko Yulianto, Anita Dyah Listyarini, Emma Setiyo Wulan

Abstract


ABSTRAK

Latar Belakang : Perkembangan psikososial anak usia sekolah (6-12 tahun) berada dalam Industry vs Inferiority dimana anak memiliki kemampuan menghasilkan karya, berinteraksi dan berprestasi dalam belajar berdasarkan kemampuan diri sendiri.Perubahan pembelajaran pada saat pandemi covid-19 membuat kesulitan bagi siswa sekolah dasar, karena tidak bisa melakukan pembelajaran secara tatap muka langsung dengan guru dan juga tidak bisa bertemu teman sebaya. Hal ini bisa menimbulkan masalah baru jika hal ini tidak diwaspadai sejak dini. Masalah atau gangguan yang mungkin muncul yaitu gangguan psikososial pada anak. Gangguan tersebut adalah gangguan kognitif dan sosialisasi. Gangguan kognitif yang memiliki tanda sebagai berikut perhatian terganggu, kesulitan berkonsentrasi, pelupa, kesalahan dalam penilaian, hambatan berpikir, rendahnya kreatifitas, bingung,dan takut. Tujuan : Untuk Mengetahui hubungan antara perkembangan psikososial anak usia sekolah dengan prestasi belajar pada masa pandemi covid-19. Metode Penelitian : Jenis penenelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik menggunakan rancangan cross sectional. jumlah siswa kelas 4 dan kelas 5. Dengan jumlah sampel penelitian 54 responden dengan tehnik total sampling. Data diolah dengan menggunakan uji chi square. Pada penelitian ini menggunakan kuesioner perkembangan psikososial anak usia sekolah dan lembar observasi nilai tengah semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden yang mengalami perkembangan psikososial cukup adalah 30 responden (55,6%). Pada prestasi belajar siswa berada pada tingkatan prestasi belajar sedang yaitu sebesar 32 siswa (59,3%). Simpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perkembangan psikososial anak usia sekolah dengan prestasi belajar pada masa pandemic covid-19 di SD 4 Karangrowo Undaan Kudus dengan p value 0,056 (> 0,05).

 

Kata Kunci : Anak Usia Sekolah, Perkembangan Psikososial, Prestasi Belajar

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Affandi, Muhammad et al. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang

:Unisulla Press

Ajhuri,Kayyis Fithri. (2019). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.Yogyakarta:Penebar Media Pustaka.

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, Kajian Singkat Terhadap Isu Aktuan Dan Strategis, XII(No. 7/I/Puslit/April/2020), 13–18.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Berman, A.T., Snyder, S. & Frandsen, G. (2016). Kozier & Erb's Fundamentals of

Nursing. 10th Edition. Prentice Hall.

Chaplin, James P. (2011). Kamus Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Dewi.(2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.Jurnal Ilmu Pendidikan.Volume 2 Nomor 1.

Dewi, Rizki Cintys., Anisa Oktiawati., & Lintang Dewi Saputri. (2015). Teori & Konsep Tumbuh Kembang Bayi, Toddler, Anak dan Usia Remaja. Yogyakarta: Nuha Medika

Dudu, Yohanes, Farida Halis, & Esti Widiani. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Psikososial Tahpa Industry Vs Inferiority Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) di SDN Tlogomas 1 Kecamatan Lowokwaru Malang. Nursing News. Volume 1 Nomor 2

Emiliza, Tiara. (2019). Konsep Psikososial Menurut Teori Erik H.Erikson Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Gail W. Stuart. (2016). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Alih Bahasa: Ramona P. Kapoh & Egi Komara Yudha. Jakarta: EGC

Haidir & Salim. (2014). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing

Halimatussa’diyah. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kepribadian Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas V di MI Tarbiyatul Muballighin Prambon Dagangan Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institusi Agama Islam Negeri Ponorogo

Indriani, Ari. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 4 Nomor 2

Irmilia,Eka.,Herlina.,Yesi Hasneli. (2016). Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah. Universitas Riau. Jurnal Keperawatan Volume 2 Nomor 1.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan Edisi Pertama.Jakarta : Kencana Kamus Besar Bahasa Indonesia (2018). Jakarta: Balai pustaka

Keliat, B.A & Pasaribu. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Jakarta : EGC Khasanah et al (2019). Hubungan Perkembangan Psikososial dengan Prestasi Belajar Anak Usia

Sekolah. Jurnal Ilmu Keprawatan Jiwa Volume 2 Nomor 3.

Latifah, Dwi Anita Alfiani, & Andini. (2018). Pengaruh Perkembangan Psikososial Terhadap Hasil Belajar PPkn Siswa Kelas IV MIN Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MIN

Livana PH & Rina Anggraeni. (2018). Pendidikan Kesehatan Tentang Perkembangan Psikososial Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Fisik dan Verbal pada Anak Usia Sekolah di Kota Kendal. Jurnal Ners dan Kebidanan Volume 5 Nomor 2

Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E- Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–15

Marcdante, et all., (2013). Nelson Ilmu Kesehatan Anak Esensial Edisi Keenam. Elsevier - Local.

Jakarta.

Marwa, Nuraini Fitriyah, Zumrotul Choiriyyah & Sukarno. (2020). Hubungan Tindakan Bullying dengan Prestasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar di SDN Padangsari 01 Semarang. Program Studi S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo Ungaran.

Masturoh, Imas & Nauri Anggita.(2018). Metodologi Penlitian Kesehatan. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Mulyadi,Seto, et al. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Gunadarma

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur . 5(1), 177–186. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Nasution, Aisyah Hayani. (2017). Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah di SDN 060922 Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal.Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.

Nurjan,Syarifan.(2018). Psikologi Belajar. Ponorogo :Wade Group

Profil Kesehatan Kabupaten Kudus. 2019. Kasus Penyakit Tidak Menular Kabupaten Kudus.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus.

Potter, P., Perry, A., Stockert, P., & Hall, A. (2017). Fundamentals of nursing: Concepts,

process, and practice. 9th Ed. St. Louis, MI: Elsevier Mosby.

Purnomo, Rochmat Aldy.(2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: Team Wade Publish.

Puspita, Wina Dwi. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Volume 2 Nomor 2

Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. (2018). Situasi Kesehatan Jiwa di Indonesia, diakses tanggal 09 juni 2021, dari http//: www.depkes.go.id/resources/.../profil-kesehatan.../profil-kesehatan-indonesia-2019.

Putra et al (2020). Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Membantu Pembelajaran Peserta Didik Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Universitas Negeri Semarang.

Riset Kesehatan Dasar. (2018). Laporan Provinsi Jawa Tengah RISKESDAS 2018, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.

Salsabila,Azza & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Dakwah. Volume 2 Nomor 2

Sari&Astuti.(2021). Efektivitas Pembelajaran Luring dan Daring Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Sekolah Dasar.Jurnal Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmu

Pendidikan.Volume 3 Nomor 4

Sari, Tusyantari,&Suswandari.(2021). Dampak Pemebelajaran Dari Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan.Volume 2 Nomor 1

Sistem Informasi Desa Jawa Tengah.(2019). Agregat Data Kabupaten Kudus Kecamatan Undaan, diakses tanggal 09 juni 2021,dari https://sidesa.jatengprov.go.id/agregratdata/kabupaten-kudus-2019

Siwi&Soares. (2016). Strategi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SD X di Salatiga Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Kedisiplinan.Proseiding Seminar Nasional Pendidikan

Solong,Najamuddin Petta. (2021). Manajemen Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi. Institusi Agama Islam Sultan Amai Gorontalo. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 9 Nomor 1

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabet. Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Syafi’I, Ahmad et al. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi.Jurnal Komunikasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2.

Thahir, Andi .(2018). Psikologi Perkembangan. www.aura-publishing.com.

Wong, Donna L (2015).Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong (6 ed.). Jakarta: EGC

Yuanita, Okta. (2016). Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI. (n.d). Dukungan Psikososial Bencana Fastering Community Resilience. Depok: Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI. diakses pada 23 Mei 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.