SENAM ERGONOMIK TERHADAP KUALITAS TIDUR LANSIA

Hirza Ainin Nur

Abstract


ABSTRAK

 

Kualitas tidur adalah suatu keadaan tidur yang dijalani seseorang individu menghasilkan kesegaran dan kebugaran saat terbangun. Berkurangnya kualitas tidur lansia disebabkan oleh beberapa faktor yaitu stres atau cemas, depresi, kelainan-kelainan kronis, efek samping obat, pola makan yang buruk, nikotin, dan kurangnya aktivitas fisik atau berolahraga. Kualitas tidur yang kurang pada lansia mengakibatkan gangguan psikologis maupun fisiologis. Dampak psikologisnya yaitu depresi, cemas, koping tidak efektif dan konsentrasi kurang. Dampak dari fisiologis yaitu penurunan terhadap aktivitas, rentan terhadap penyakit, proses penyembuhan penyakit lambat serta tidak stabilnya tanda-tanda vital. Penanganan yang dilakukan untuk mengatasi kualitas tidur dapat dilakukan secara farmakologi dan non farmakologi. Secara farmakologi  yaitu penggunaan obat tidur sedangkan terapi nonfarmakologi dapat dilakukan dengan senam ergonomik. Olahraga atau senam justru dianjurkan karena memiliki banyak manfaat dan mudah untuk dilakukan. Senam ergonomik yaitu senam yang gerakannya menyerupai gerakan sholat. Tujuan studi literatur ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam ergonomik terhadap kualitas tidur lansia. Metode penelitian yang digunakna yaitu studi literatur dengan mencari artikel menggunakn database google cendekia dan dipatkan 3 artikel sesuai kriteria. Hasil dari 3 jurnal yang didapatkan bahwa terdapat pengaruh senam ergonomik terhadap peningkatan kualitas tidur lansia.

 

Kata kunci : Kualitas Tidur, Lansia, Senam Ergonomik.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Barbara, K. (2011) Buku Ajar Fundamental Keperawatan:Konsep, Proses, dan Praktik. Jakarta: EGC.

Feldman, R. (2012) Discovering The Life Span (2nd ed). New Jersey. Pearson Education, Inc.

Heri, L. and Cicih, M. I. S. (2019) ‘Info Demografi BKKBN’, Demografi BKKBN.

Hidayat, A. A. (2012) Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia : Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hindriyastuti, S. and Zuliana, I. (2018) ‘Hubungan Tingkat Stres Dengan Kualitas Tidur Lansia Di Rw 1 Desa Sambung Kabupaten Kudus’, JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 6(1), p. 91. doi: 10.31596/jkm.v6i1.244.

Madeira, A., Wiyono, J. and Ariani, N. L. (2019) ‘Hubungan Gangguan Pola Tidur dengan Hipertensi pada Lansia’, Nursing News, 4(1), pp. 29–39.

Menular, D. P. dan P. P. T. (2018) ‘Kebutuhan Tidur Sesuai Usia’. P2PTM Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Nurarif, A. (2015) Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA NIC-NOC. 1st edn. Jogjakarta.

Pedila (2013) Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sagiran (2019) Mukjizat Gerakan Shalat : Penelitian Dokter Ahli Bedah dalam Pencegahan & Penyembuhan Penyakit. Edited by R. Kurnia and Hirman. Jakarta: Qultum Media.

Sari, A. K. (2018) ‘Pengaruh Senam Bugar Lansia (Ergonomis) Terhadap Kualitas Tidur pada Lansia di Ruang Mangga Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 02 Cengkareng, Jakarta Barat Tahun 2018’, 1, pp. 1–13.

Setyowati, S. (2015) ‘Efektifitas Senam Ergonomik Terhadap Kualitas Tidur Lansia di Bantul Yogyakarta’, (2013).

Siregar, M. H. (2019) Mengenal Sebab-Sebab, Akibat-Akibat, dan Cara Terapi Insomnia. 2nd edn. Edited by N. Lubis. Jogjakarta: Flash Books.

Statistik, B. P. (2018) Profil Lansia Provins Jawa Tengah 2018.

Subandi (2010) Yoga Insomnia : 29 Gerakan Yoga Insomnia untuk Menyembuhkan Susah Tidur secara Alami. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugandika, D. and Nahariani, P. (2014) ‘Pengaruh Senam Ergonomis Terhadap Gangguan Tidur (Insomnia) Pada Lansia di Panti Werdha Mojopahit Mojokerto’, 1.

Sunaryo (2016) Asuhan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sya’diyah, H. (2018) Keperawatan Lanjut Usia Teori dan Aplikasi. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Widya, G. (2012) Mengatasi Insomnia: Cara Mudah Mendapatkan Kembali Tidur Nyenyak Anda. 2nd edn. Edited by S. M. Jogjakarta: Kata Hati.

Wijayanti, D., Tumini and Sari, D. A. (2018) ‘Pengaruh Senam Ergonomik Terhadap Kualitas Tidur pada Lansia dengan Gangguan Tidur di UPTD Griya Werdha Jambangan Surabaya’, 7(2), pp. 330–336.

Wratsongko, M. (2014) Mukjizat Gerakan Shalat & Rahasia 13 Unsur Manusia. Jakarta: Mizan Digital Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.