DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA SEKOLAH

Rizky Wahyu Adi Saputro, Fiki Wijayanti

Abstract


ABSTRAK

 

Latar Belakang: Perkembangan anak usia sekolah ditandai dengan terjadinya perkembangan psikososial. Dukungan orang tua sangat penting dalam perkembangan psikososial anak, karena pada masa ini anak usia sekolah akan peningkatan kemampuan dalam berbagai hal, termasuk interaksi dan prestasi belajar untuk menghasilkan suatu karya berdasarkan kemampuan diri sendiri. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua perkembangan psikososial anak usia sekolah. Metode: Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi yang digunakan 90 anak dengan jumlah sampel 90 responden dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner yang diuji validitas dan reliabilitas. Analisa data yang digunakan adalah uji kendall tau. Hasil: Kategori dukungan orang tua di SDN Klepu 01 Kecamatan Pringapus pada kategori Sedang dengan jumlah 80 (88,9%) responden. Kategori perkembangan psikososial anak pada kategori sedang dengan jumlah 75 (83,3%) responden. Ada hubungan dukungan orang tua terhadap perkembangan psikososial anak di SDN Klepu 01 dengan nilai korelasi sebesar 0,76 dimana nilai ini berada dalam kategori adanya hubungan yang sangat kuat antar variabel.

 

Kata kunci: anak, Dukungan orang tua, perkembangan psikososial


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifah, Y., Saparwati, M., & Purwaningsih, H. (2020). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah di SDN Karangjati 02. 1, 1–7.

Irmilia, E., Herlina, & Hasneli, Y. (2015). HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA SEKOLAH. 2(1).

Maida, W. A., Luluk, M., Kusumaningrum, I., Rukslin, & Sunarti. (2022). Edukasi Orangtua Mengenai Dukungan Psikologis Awal Balita Di Taman Posyandu Kamboja Desa Munungkerep, Kabuh, Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(1).

Malfasari, E., Herniyanti, R., Devita, Y., Adelia, G., & Putra, I. D. (2020). Pendidikan kesehatan jiwa pada tahap perkembangan usia sekolah. 4(6), 7–12.

Saam, Z., & Wahyuni, S. (2017). PSIKOLOGI KEPERAWATAN.

Tinambunan, D., Agniaty, N., Ekayuni, Y., & Suryani, A. O. (2021). Persoalan Perkembangan dan Kesehatan Mental Anak Usia 6-12 Tahun pada Masa Pandemi COVID-19:Analisis Hasil-hasil Penelitian Lintas Budaya. Prosiding Konferensi Nasional Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, 01(01), 13–28.

Yulianto, Y., Lestari, Y. A., & Suwito, E. D. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah Di Tk Pkk Xi Winong Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Nurse and Health: Jurnal Keperawatan, 6(2), 21–29. https://doi.org/10.36720/nhjk.v6i2.18


Refbacks

  • There are currently no refbacks.