PENGARUH SENAM REUMATIK TERHADAP PENURUNAN NYERI SENDI PADA LANSIA DENGAN RHEUMATOID ARTHRITIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL

Ramadhan Putra Satria, Widya Sulisetia Ningrum

Abstract


ABSTRAK

 

Lanjut usia (lansia) adalah seseorang yang usianya sudah memasuki 60 tahun ke atas, seseorang yang sudah ditahap ini biasanya mengalami penurunan kemampuan kerja tubuh akibat perubahan fungsi organ pada tubuh. Salah satu faktor penyakit kronis dan kemunduran fungsi motorik pada lansia yang mempengaruhi gangguan sistem muskuloskeletal yaitu Rheumatoid Arthritis. WHO menyampaikan bahwa angka kejadian rheumatoid arthritis pada tahun 2016 mencapai 20% dari penduduk dunia, 5-10% berusia 5-20 tahun dan 20% berusia 55 tahun. Rheumatoid Arthritis adalah suatu penyakit autoimun sistemik kronik yang dapat menyebabkan inflamasi jaringan ikat, terutama di sendi. Oleh karena itu, salah satu upaya non-farmakologi yang dapat dilakukan yaitu aktivitas fisik atau olahraga fisik  Olahraga fisik tujuannya untuk mempertahankan pergerakan sendi dan berpengaruh dalam penurunan skala nyeri sendi. Salah satu olahraga fisik yang mudah dilakukan yaitu senam reumatik. Tujuan melakukan penerapan pemberian terapi senam reumatik untuk menurunkan nyeri sendi pada lansia dengan rheumatoid arthritis. Metodologi penelitian ini merupakan penelitian deskritif analitis dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian adalah lansia dengan rheumatoid arthritis. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan pemeriksaan fisik. Data disajikan dalam bentuk teks naratif dan tabel distribusi frekuensi. Setelah dilakukan tindakan implementasi terapi senam reumatik selama 3x kunjungan didapatkan hasil bahwa dari kedua klien terdapat perubahan penurunan skala nyeri, klien 1 dari skala 4 turun menjadi skala 1 kemudian klien 2 dari skala 5 turun menjadi skala 2. Pasien dengan rheumatoid arthritis dianjurkan untuk melakukan terapi senam reumatik setiap hari selama kurang lebih 30 menit untuk menurunkan nyeri sendi.

 

Kata Kunci : Lansia Rheumatoid arthritis, Nyeri sendi, Senam reumatik

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Chabib, D. (2016). Review Rheumatoid Arthritis: Terapi Farmakologi, Potensi Kurkumin dan Analognya, serta Pengembangan Sistem Nanopartikel. Jurnal Pharmascience, 3, 11.

Dalimartha. (2014). Pengaruh Senam Ergonomik terhadap Nyeri Sendi lansia Penderita Gout Arthistis The Effect of Excercise Pain Elderly with Gout Athristis. 1(2), 89–96.

E, P., & A, M. (2017). Senam Rematik Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup Lansia Ny.S Keluarga Tn.A Dalam Melakukan Adl (Activity Daily Living) Dukuh Pendem Kulon Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. J Profesi Keperawatan, 3, 7–16.

Hanso, B. (2016). Pengaruh senam rematik terhadap nyeri sendi kaki pada lansia di Posyandu Lansia Nusa Indah 43 Desa Karang Anyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. 4, 1–23.

KEMENKES. (2018). Hasil Utama Riskesdas Tentang Prevalensi Diabetes Mellitus di Indonesia 2018. 8.

Kurnianto, D. (2015). Menjaga Kesehatan Di Usia Lanjut. Jurnal Olahraga Prestasi, 11(2), 115182. https://doi.org/10.21831/jorpres.v11i2.5725

LeMone. (2017). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah; gangguan musculoskeletal. EGC, 2016.

Majdah, Z., & Ramli, N. (2016). Penanganan Rematik dengan Pemeriksaan LED.

Manurung, S., & Simanjutak, D. (2018). Senam Anti Stroke Pada Penderita Hipertensi.

Mas’adah, M. (2017). Model Senam Rematik Sebagai Upaya Peningkatan Aktifitas Fungsional Lansia Di Pstw Puspakarma Mataram. Adi Husada Nursing Journal, 3(1), 28. https://doi.org/10.37036/ahnj.v3i1.73

Ningsih, L. &. (2012). Asuhan Keperawatan Pada Klien Dengan Gangguan Sistem Muskuloskeletal. Salemba Medika.

Nurhidayah, K. (2017). Pengaruh senam rematik terhadap aktifitas fungsional lansia di komunitas senam lansia Wilayah Kelurahan Nusukan Banjarsari Surakarta.

Rany, N. (2018). Perilaku lansia dalam pengobatan rheumatoid atritis (Rematik) di kelurahan pangkalan kasai kecamatan seberida kabupaten indragiri hulu tahun 2017. 7, 1–10.

Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS). 44(8).

Stevenson, J. D., & Roach, R. (2012). The benefits and barriers to physical activity and lifestyle interventions for osteoarthritis affecting the adult knee. Journal of Orthopaedic Surgery And Research, 1–7.

Suharto & Nirva Rantesigi, 2019. (2020). Pada Asuhan Keperawatan Rheumatoid Arthiritis di Kelurahan Gebangrejo The Implementation of Rheumatic Gymnastics to Decrease Pain Scale in Rheumatoid Arthritical Nursing Care in Gebangrejo. Madago Nursing Journal, 1(1), 7–10. http://jurnal.poltekkespalu.ac.id/index.php/MNJ/article/view/265

Suryani, U. (2018). Hubungan Tingkat Kemandirian Dalam Aktivitas Sehari-hari Dengan Resiko Jatuh Pada Lansia Di PTSW Sabai Nan Aluih Sicincin Kabupaten Padang Pariaman. Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(1), 89–98.

Udiyanto, abi mas, & Rudiyanto. (2016). Pengaruh senam rematik terhadap perubahan tingkat nyeri penderita rematik pada lansia di Posyandu “Mangga” Wilayah Kerja Puskesmas Sobo Kecamatan Sobo Kabupaten Banyuwangi. 5(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.