PENERAPAN TEKNIK KOMPRES HANGAT BAWANG MERAH TERHAAP PENURUNAN SUHU TUBUH PENDERITA DEMAM THYPOID

Vera Fitriana, Luluk Cahyanti, Mareta Maharani

Abstract


ABSTRAK

Kasus demam thypoid di Jawa Tengah cenderung naik turun. Pada tahun 2014 terdapat 17.606 kasus, tahun 2015 terdapat 13.397 kasus, pada tahun 2016 menjadi 24.071 kasus. Kasus demam thypoid sendiri di Puskesmas Keling 1 pada tahun 2021 sebanyak 418 kasus. Demam thypoid penyakit yang menyerang bagian saluran pencernaan, Bakteri Salmonella thypi dapat masuk ke tubuh manusia melalui makanan atau minuman, dengan tanda gejala demam lebih dari satu minggu, mengigil, sakit kepala atau pusing, dan terdapat gangguan pada saluran cerna. Demam yang terjadi pada penderita demam thypoid dapat ditangani dengan dua cara yakni dengan cara nonfarmakologi dan farmakologi. Penanganan secara farmakologi biasanya menggunakan paracetamol dan ibuprofen, sedangkan dengan cara non farmakologi yang dapat diterapkan salah satunya dengan penerapan kompres hangat bawang merah yang mengandung enzime allinase. Tujuan dari studi kasus ini adalah untuk mengetahui gambaran Penerapan Teknik Kompres Hangat Bawang Merah Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Penderita Demam Thypoid. Studi kasus dalam karya tulis ilmiah ini adalah studi kasus deskriptif, responden yang ikut serta dalam studi kasus ini sebayak 2 responden. Alat ukur yang dugunakan ialah Pemeriksaan darah, pemeriksaan urin, pemeriksaan widal tes, thermometer dilakukan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan kompres, lembar SOP. Tindakan ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, pada pagi dan sore hari. Hasil studi kasus menunjukkan kompres hangat bawang merah berpengaruh terhadap penurunan suhu tubuh penderita demam thypoid dengan penurunan  0,6 oC pada kedua responden dalam 2x pertemuan. Simpulan dari studi kasus ini, bahwa suhu tubuh penderita demam thypoid dapat turun dengan terapi non farmakologi penerapan kompres hangat bawang merah terhadap penurunan suhu tubuh penderita demam thypoid.

 

Kata kunci : Suhu Tubuh, Demam Thypoid, Kompres Hangat, Bawang Merah.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bahar, Hartati. 2017. “Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Kebiasaan Makan Dengan Gejala Demam Thypoid Pada Mahasiswa,Fakultas Kesehatan Masyarakat.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesdehatan Masyarakat 2(6): 1–7.

Cahyaningrum, Etika Dewi. 2017. “Pengaruh Kompres Bawang Merah Terhadap Suhu Tubuh Anak Demam.” Seminar Nasional dan Presentasi Hasil-Hasil Penelitian Pengabdian Masyarakat ISBN 978-6: 80–89.

Cahyaningrum, Etika Dewi, and Diannike Putri. 2017. “Perbedaan Suhu Tubuh Anak Demam Sebelum Dan Setelah Kompres Bawang Merah.” Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Kesehatan 15(2): 66–74.

Guyton, A. C, and J. E Hall. 2018. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. 13th ed. Jakarta: Elsevier Singapore Pte Ltd.

Harnani, Nur Maulita, Irmawan Andri, and Bambang Utoyo. 2019. “Pengaruh Kompres Bawang Merah Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Pada Pasien Demam Thypoid Di RS PKU Muhammadiyah Gombong.” Jurnal Urecol 6(6): 361.

Hermayudi, and Ayu Putri Ariani. 2017. Penyakit Daerah Tropis. 1st ed. Yogyakarta: Nuha Medika.

Kemenkes. 2006. “Pedoman Pengendalian Demam Tifoid.” Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 364: 41.

Medhyna, Vedjia, and Rizky Utami Putri. 2020. “Pengaruh Kompres Bawang Merah Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Bayi Saat Demam Pasca Imunisasi Di Wilayah Kerja Polindes Pagar Ayu Musi Rawas.” Maternal Chlid Health Care J 2(2): 107–18.

Nurarif, A. H, and H Kusuma. 2015. Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis Dan NANDA NIC-NOC Jilid 1. Jogjakarta: MediAction.

Pramitasari, Okky Purnia. 2013. “Faktor Risiko Kejadian Penyakit Demam Tifoid Pada Penderita Yang Dirawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Ungaran.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 2(1): 1–10. http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/jkm.

Pratiwi, Gita, Retno Ambarwati, Wahyuningsih, and Marni. 2021. “Efektivitas Kompres Bawang Merah Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Pada Anak Di Wilayah Puskesmas Selogiri.” 10(2): 20–31.

Purwaningtyas, Melorys, and Galuh Prameswari. 2017. “Higeia Journal of Public Health.” Higeia Journal of Public Health Research and Development 1(3): 625–34.

Puskesmas Keling 1. 2021. Data Pasien Puskesmas Keling 1.

Sodikin. 2012. Prinsip Perawatan Demam Pada Anak. 1st ed. ed. Sujono Riyadi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. 2017. Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia. I. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Utami, Prapti, and Lina Mardiana. 2013. Umbi Ajaib Tumpas Penyakit. Cet. 1. Jakarta: Penebar Swadaya.

WHO. 2018. “Typhoid Vaccine Prequalified.” who.int. https://www.who.int/news/item/03-01-2018-typhoid-vaccine-prequalified (November 19, 2021).

Widagdo. 2012. Masalah Dan Tatalaksana Penyakit Anak Dengan Demam. Jakarta: Sagung Seto.

Wijaya, Andra Saferi, and Yessie Mariza Putri. 2013. KMB 2 Keperawatan Medikal Bedah (Keperawatan Dewasa). 1st ed. Yogyakarta: Nuha Medika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.