PENGARUH KOMPRES JAHE MERAH TERHADAP TINGKAT PENURUNAN NYERI SENDI PADA LANSIA DENGAN ASAM URAT DI DESA KETANJUNG

Anita Dyah Listyarini, Dewi Riyana, Dwi Budi Prastiani, Sang Ayu Made Adyani

Abstract


ABSTRAK

 

Latar Belakang : Semakin bertambahnya uisa, fungsi fisiologis mengalami penurunan sehingga penyakit tidak menular banyak terjadi pada lansia. Penyakit asam urat atau dikenal dengan istilah gout adalah jenis artritis yang sangat menyakitkan, hasil dari metabolisme didalam tubuh yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian sehingga kadar asam urat di dalam tubuh tinggi. Nyeri sendi merupakan tanda dan gejala dari penyakit Atritis Gout, cara yang bisa menurunkan derajat nyeri asam urat adalah menggunakan terapi non farmakologis salah satunya adalah kompres jahe merah dan kompres air hangat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terapi kompres jahe merah dan kompres air hangat berpengaruh terhadap penurunan nyeri asam urat di Desa Ketanjung Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak.

Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Eksperimental dengan rancangan penelitian One Group With Control Pre-test Post-test. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 39 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan perbedaan antara dua kelompok. Hasil uji statistik didapatkan hasil p-value 0,000 < 0,05. Sehingga H1 diterima yang berarti ada pengaruh kompres jahe merah dan kompres air hangat terhadap penurunan nyeri asam urat di Desa Ketanjung Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak.

Simpulan : Ada pengaruh kompres jahe merah dan kompres air hangat terhadap penurunan nyeri asam urat di Desa Ketanjung Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak.

Kata kunci : Kompres jahe merah dan kompres air hangat, penurunan nyeri asam urat.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ilham. 2020. “Pengaruh Kompres Hangat Menggunakan Jahe Merah Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Penderita Gout Arthritis.” Bina Generasi;Jurnal Kesehatan 2(11): 14–19.

Muchlis, Muhammad Rifai, and Ernawati Ernawati. 2021. “Efektivitas Pemberian Terapi Kompres Hangat Jahe Merah Untuk Mengurangi Nyeri Sendi Pada Lansia.” Ners Muda 2(3).

Nur Amalia, Irma et al. 2021. “Pengaruh Pemberian Kompres Hangat Jahe Merah Terhadap Tingkat Nyeri Arthritis Gout (Asam Urat).” Jurnal Sehat Masada 15(1): 112–19.

Suryani, Suryani, Sutiyono Sutiyono, and Mingle A Pistanty. 2021. “Pengaruh Pemberian Kompres Larutan Jahe Terhadap Nyeri Asam Urat Di Posyandu Lansia Melati Desa Candisari.” Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama 10(1): 17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.