HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN TINGKAT DEPRESI PASIEN HIV DI RSU DR. R SOETRASNO REMBANG

Wahyu Yusiyanto, Djumiah Djumiah

Abstract


Pasien dengan HIV/AIDS selalu menunjukkan gejala depresi bahkan terdapat pasien yang selalu mengeluhkan dikucilkan masyarakat dan ingin mengakhiri hidupnya. Berawal dari stres yang tidak diatasi, maka seseorang dapat jatuh ke fase depresi. Orang yang mengalami depresi umumnya mengalami gangguan yang meliputi keadaan emosi, motivasi, fungsional dan gerakan tingkah laku serta kognisi. Dengan adanya dukungan maka meningkatkan konsep diri pasien HIV. Seseorang yang konsep dirinya merasa tinggi dari orang lain biasanya mempunyai harga diri yang tinggi pula, demikian sebaliknya seseorang yang merasa konsep dirinya rendah cenderung mengalami harga diri rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan tingkat depresi pasien HIV di RSU dr. R Soetrasno Rembang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskripsi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 119 responden dengan menggunakan tehnik pusposive sampling. Hasil penelitian berdasarkan konsep diri diperoleh sebagian besar responden mempunyai konsep diri baik sebanyak 69 (58,0%) dan berdasarkan tingkat depresi diperoleh sebagian besar responden mempunyai depresi berat sebanyak 53 (44,6%). Hasil uji analisis rank spearman didapatkan nilai r hitung sebesar 0,555 (cukup kuat) dan ? value 0,000 kurang dari 0,05. Hasil diatas dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang cukup kuat konsep diri dengan tingkat depresi pasien HIV di RSUD dr. R Soetrasno Rembang.

Kata Kunci : Konsep diri, Depresi, HIV


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, G. N. 2016. Proses Interaksi Sosial ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) Dengan Pkbi Griya Asa Kota Semarang, https://gillib.unnes.ac.id/28477/1 /1201412 027.pdf, Diakses 21 Desember 2018.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Didik. 2011. Konsep Depresi. http:// irmanthea.blogspot.com/2011/10/konsep-depresi.html. Diakses tanggal 21 Desember 2011.

Dinkes Rembang. 2021. Profil Kesehatan Kabupaten Rembang.rembang.

Harkomah, Isti. 2020. Hubungan Tingkat Depresi Dengan Kualitas Hidup Penderita HIV/AIDS di Yayasan Kanti Sehati Sejati. Studi Ilmu Keperawatan STIKES Harapan Ibu Jambi.

Hawari, Dadang. 2013. Manajemen Stress, Cemas dan Depresi. Jakarta. Gaya Baru.

Heri. 2012. Asuhan Keperawatan HIV/AIDS. Pustaka Medika. Jakarta.

Keliat, Budi A. 2014. Asuhan Keperawatan Jiwa. EGC, Jakarta.

Kemenkes RI. 2015. Hubungan Harga Diri dengan Perilaku Seksual pada Penderita HIV AIDS di Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 3(2), 131. https://doi.org/10.17509/jpki.v3i2.9416.

Kemenkes, RI. 2020. Buku pedoman penghapusan stigma & diskriminasi bagi pengelola program petugas layanan kesehatan dan kader. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Direktorat Pengendalian Penyakit Menular Langsung.

Lubis, Lisnawati. 2018. Hubungan Stigma, Depresi Dan Kelelahan Dengan Kualitas Hidup Pasien Hiv/Aids Di Klinik Veteran Medan. Idea Nursing Journal. Vol. VII No. 1 2018.

Mansjoer, Arif. 2014.Kapita Selekta Kedoteran. Media Aesculapius : Jakarta.

Moegni, Endy M. 2013. Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu Di Fasilitas Kesehatan Dasar Dan Rujukan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Mustikasari. 2012. Buku Panduan Praktik Profesi Keperawatan Jiwa. FKUI. Jakarta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Nugroho, Wahyudi. 2014. Keperawatan Gerontik. Jakarta: EGC.

Nurhidayah, Andesani. 2019. Hubungan Stigma Diri Dengan Tingkat Depresi Pada Orang Dengan Hiv/Aids (Odha) Di Rumah Sakit Dustira. Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi.

Nursalam. 2016. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika, Jakarta.

Nursalam & Ninuk, Dian K. 2016. Asuhan Keperawatan Pada Pasien Terinfeksi HIV. Salemba Medika, Jakarta.

Nuryanto. 2014. Gambaran Konsep Diri Pada Lansia Di Desa Sukolilo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Akper Pragolopati. Pati.

Pardede, Jek A. 2020. Harga Diri Dengan Depresi Pasien HIV/AIDS. Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Makasar.

Pebriani, Fitri. 2017. Gambaran Konsep Diri Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Terapi Hemodialisa Di RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat. Poltekkes Kemenkes Bandung.

Potter, Praticia A. dan Perry, Anne Griffin. 2016. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. EGC, Jakarta.

Purbaya, A. 2012. Dampak Kenakalan Remaja dari Perspektif Kriminologidi Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.

Soedarto. 2012. Penyakit Menular Di Indonesia. Sagung Seto, Jakarta.

Stuart & Sundeen. 2012. Buku Saku Keperawatan Jiwa. EGC, Jakarta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Sukismanto, Andi. 2020. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Depresi Pada Orang Dengan Hiv Aids (ODHA) Di Poli Klinik Vct RSD Balung Kabupaten Jember. Universitas Muhammadiyah Jember.

Townsend M,C. 2014. Diagnosa Keperawatan Pada Keperawatan Psikiatri. EGC. Jakarta.

Videabeck, Sheila L. 2012. Buku Ajar keperawatan Jiwa : Psychiatric Mental Health Nursing. Jakarta: EGC.

Virgiani, Bestina N. 2019. Gambaran Konsep Diri Orang dengan HIV AIDS (ODHA) di RSUD Kabupaten Indramayu. STIKes Indramayu.

Waluyo, Lud. 2011. Mikrobiologi Lingkungan. Universitas Muhammadiyah. Malang Press. Malang.

Widyanto. Ridho A. 2013. Gambaran Demografi Gangguan Depresi Pada Pasien Hiv/Aids Di Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

World Health Organization. 2019. World AIDS day-closing the gap in HIV prevention and treatment services. Diperoleh dari www.who.int/hiv/pub/arv/ consultation-hivtreatment- Hivtreatment adolescents/en. Diakses: 03 Februari 2020.

Yaunin, Yaslinda. 2014. Kejadian Gangguan Depresi pada Penderita HIV/AIDS yang Mengunjungi Poli VCT RSUP Dr. M. Djamil Padang. http://jurnal.fk.unand.ac.id/index.php/jka/article/view/100. Diakses 4 Agustus 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.