DIET PADA IBU HAMIL DENGAN HIPEREMESIS GRAVIDARUM DI RUANG FATIMAH RUMAH SAKIT ISLAM SUNAN KUDUS

E pujiati, lutfi ana

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui diet pada ibu hamil trimester I. Penelitian dilaksanakan dengan observasi dan wawancara pada ibu hamil yang dirawat di ruang fatimah RSI Sunan Kudus. Hasil obverasi menunjukkan bahwa diet hiperemesis gravidarum sangat tepat diberikan pada pasien hiperemesis gravidarum. Tujuan pemberian dari diet hiperemesis gravidarum yaitu untuk mengganti persediaan glikogen dalam tubuh, untuk mengontrol asidosis. Diet dapat ditingkatkan sesuai keadaan dan kebutuhan gizi pada pasien. Penatalaksanaan yang dilakukan pada Ny. S adalah terapi pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk diet ibu hamil yang terdiri dari, karbohidrat sebagai sumber kalori, protein sebagai zat pembangun, dan lemak rendah agar tidak terjadi peningkatan asam lambung. Setelah diberikan diet hiperemesis gravidarum pada Ny. S terjadi perubahan yaitu mual muntah berkurang keadaan umum membaik, nafsu makan meningkat, tanda – tanda vital stabil, dan tidak ada tanda – tanda kekurangan nutrisi. Tindakan mandiri keperawatan dan kolaborasi dengan nutrisionis, untuk mengatasi masalah resiko ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan ketidak mampuan memasukan atau mencerna nutrisi pada pasien. Penanganan mual dan muntah pada ibu hamil dengan hiperemesis gravidarum adalah salah satu tindakan nonfarmakologi.


Full Text:

PDF

References


. Sastrawinata S, Martaadisoebrata, Wirakusuma F Firman. Ilmu Kesehatan Reproduksi. Obstetri Patologi. Penyakit dan Penyulit yang Menyertai Kehamilan. EGC. Jakarta. 2005 : 64 – 5.

Walsh, L. Buku Ajar Kebidanan

Komunitas. Masalah Kebidanan di

Komunitas Alih Bahasa Handayani

Wilda Ika. EGC. Jakarta. 2007 : 90.

Manuaba, dkk. Pengantar Kuliah. Obstetri. Komplikasi Umum Pada Kehamilan. EGC. Jakarta. 2008 : 396 – 400.

Tiran, D. Mual dan Muntah Kehamilan. Penatalaksanaan. EGC. Jakarta. 2008 : 24 – 6.

Muhlidah, S. Deskripsi Karakteristik Ibu Hamil dengan Kejadian Hiperemesis Gravidarum di Rumah Sakit Islam Surakarta Tahun 2008 Abstrak. AKBID Estu Utomo. Boyolali. 2013 : vii.

Hidayati, R. Asuhan Keperawatan pada Kehamilan Fisiologis dan Patologis. Hiperemesis Gravidarum. Salemba Medika. Jakarta. 2009 : 65 – 6.

Manuaba, Ida Bagus Gede. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Penyulit yang Menyertai Kehamilan. EGC. Jakarta. 2008 : 209 – 13.

Gunawan K, Paul Samuel Kris M, Dwiyana O, Diagnosis dan Tata Laksana Hiperemesis Gravidarum. Journal Indonesian Medical Association, Volume : 61, Nomor : 11. November. 2011: 458 – 64.

Hartono, A. Terapi Gizi dan Diet Rumah Sakit. Pencernaan dan Metabolisme. EGC. Jakarta. 2006 : 61 – 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.