GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA KEMBANG DUKUHSETI KABUPATEN PATI

Galia Wardha Alvita, Devy Natalia Christin

Abstract


Covid 19 merupakan penyakit menular yang telah menjadi pandemic di seluruh dunia dengan proses penularan yang cepat dan telah menginfeksi ribuan orang khususnya di Indonesia. Penanganan dan pencegahan kasus covid 19 ini telah dilakukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu upaya preventif dalam protocol kesehatan. Dalam pelaksanaan protocol kesehatan diperlukan dukungan dari berbagai pihak khususnya di lingkungan keluarga berupa dukungan instrumental, dukungan informasi, penghargaan dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dukungan keluarga dalam pelaksaanaan protocol kesehatan di Desa Dukuhseti. Penelitian ini menggunakan desaindeskriptif kuantitatif. Teknik sampling menggunakan purposive sampling sebesar 96 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden yaitu 86 (89,6 %) mendapatkan dukungan yang baik dari keluarganya, dan sebagian kecil yaitu 10 respondem (10,4%) mendapatkan dukungan yang kurang. Dukungan yang kurang tersebut terdapat pada dukungan informasional dan penghargaan dari keluarganya untuk pelaksaanaan protocol kesehatan sehari-hari. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi umum yang berkaitan dengan kondisi dukungan keluarga yang didapakan oleh masyarakat dalam mempertahankan protocol kesehatan sebagai budaya sehari-hari. Selain itu, temuan dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan saran bagi penyedia layanan kesehatan setempat supaya labih aktif dalam meningkatkan peran keluarga dalam menyukseskan pelaksanaan protocol kesehatan di masyarakat dengan mengarahkan keluarga untuk lebih memberikan dukungan informasi dan penghargaan kepada keluarganya.

 

.Kata Kunci:covid 19, dukungan keluarga, protocol kesehatan


Full Text:

PDF

References


Abidin, A. Z., Julianto, E. K., Insan, S., & Husada, C. (2020). HUBUNGAN FUNGSI PEMELIHARAAN KESEHATAN KELUARGA DENGAN PENCEGAHAN PENULARAN COVID19 BAGI LANSIA DI DESA KADUNGREJO BAURENO BOJONEGORO. 1–9.

Bailon dan Maglaya. (1978). Perawatan Kesehatan Keluarga. Jakarta: Pusat pendidikan tenaga kesehatan departemen kesehatan RI.

Dirjen P2P Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Germas.

Friedman. (2015). Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset , Teori dan Praktik. In Majalah Kedokteran Andalas.

Kemenkes. (2021). Buku Saku Tata Laksana COVID-19. Kementrian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. (2020). Buku Pedoman Pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan COVID-19. In Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kemenkes Rl. (2021). Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19). In Kemenkes.

PDPI, PERKI, PAPDI, PERDATIN, & IDAI. (2020). Pedoman tatalaksana COVID-19 Edisi 3 Desember 2020. In Pedoman Tatalaksana COVID-19.

Satria, B., Kasim, F., Sitepu, K., Rambey, H., Simarmata, M., Melda Br Bangun, S., & Rionald Sihite, H. G. (2021). Hubungan Karakteristik Responden Dan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Di Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. Jurnal Kesmas Dan Gizi (Jkg), 3(2), 213–217. https://doi.org/10.35451/jkg.v3i2.688

Sosial, J., Syar-i, B., Labib, M., Is, I., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2020). Peran Keluarga Dalam Mencegah Corona Virus Disease 2019 ?. 7(10), 911–922. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.15411

Sutinah. (2020). ELAKSANAAN TERAPI PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP BEBAN DAN DUKUNGAN KELUARGA AKIBAT PANDEMI COVID-19. Journal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 177–185.

World Health Organization. (2020). Archived: WHO Timeline - COVID-19. Wold Health Organization.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.