TERAPI MUSIK INSTRUMENTAL DALAM MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI

Luluk Cahyanti, Eka Rahayu Hirmawati

Abstract


Hipertensi merupakan penyakit tidak menular (PTM) yang perlu diwaspadai dan harus mendapatkan penanganan segera. Hipertensi adalah sebagai peningkatan tekanan darah sistolik sedikitnya 140 mmHg atau tekanan diastolik sedikitnya 90 mmHg. Memasuki masa lansia sangat rentan terkena penyakit dan masalah kesehatan yang menyebabkan tingginya penyakit degeneratif salah satunya yaitu hipertensi. Hipertensi menambah beban kerja jantung dan arteri yang bila berlanjut dapat menimbulkan kerusakan jantung dan pembuluh darah. Upaya untuk menurunkan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi dengan terapi non farmakologis yaitu dengan memberikan terapi musik instrumental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi musik instrumental dalam menurunkan tekanan darah pada lansia. Metode penulisan studi literatur dengan mencari 3 artikel jurnal penelitian sesuai dengan jurnal utama yang terbit pada tahun 2010 sampai 2020 yang dipublikasikan melalui database elektronik seperti Google Scholar. Hasil dari ketiga jurnal yang didapatkan menunjukan bahwa adanya pengaruh terapi musik instrumental dalam menurunkan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi.

 

Kata kunci : Hipertensi, Lansia, Terapi musik instrumental.


Full Text:

PDF

References


Apriliani MW. Jurnal Profesi Keperawatan Akademi Keperawatan Krida Husada Kudus Vol . 6 No 2 Juli 2019 Penerapan Terapi Progressive

Astuti, N. F. Penurunan Tekanan Darah Diastolik pada Lanjut Usia Melalui Intervensi Relaksasi Otot Progresif dan Terapi Musik (RESIK). Jurnal Keperawatan Soedirman 12, 21 (2017).

Azizah, L. M. Keperawatan Lanjut Usia. Graha Ilmu, 2011.

Dinas Kesehatan Jawa Tengah. Data Hipertensi 2016-2018 Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Juni Udjianti, W. Keperawatan Kardiovaskuler. Salemba Medika. 2010.

Maryam, R. S., Ekasari, M. F., Rosidawati, Jubaedi, A. & Batubara, I. Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Salemba Medika. 2008.

Mega, O., Ririn, N. & Rika, S. Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi. Pengetahuan Orang Tua Tentang Jajanan Sehat Pada Anak 3, 11–24 (2019).

Muhith, A. & Siyonto, S. Pendidikan Keperawatan Gerontik. Andi. 2016.

Nafilasari MY, Suhadi N, Supriyono M. Perbedaan Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi Sebelum dan Sesudah Diberikan Terapi Musik Instrumental di Panti Wedra Pengayoman Pelkis Kota Semarang. J Karya Ilm. 2013;1:1–10.

Nurarif, A. H. & Kusuma, H. Asuhan Keperawatan Prakktis Edisi Revisi Jilid 1. MediAction. 2016.

Oktaviani, M. & Nur, H. A. Pemberian Relaksasi Imajinasi Terbimbing Untuk Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi di Wilayah Puskesmas Jepang Kecamatan Mejobo Kudus. 6, 163–176 (2019).

Puspitasari, L. S. Pengaruh Musik Instrumental Terhadap Kenyamanan Membaca. 8, 1–58 (2017).

Republik Indonesia, P. K. Hari Hipertensi Dunia 2019 : Know Your Number Kendalikan Tekanan Darahmu dengan CERDIK. RI, P2PTM Kemenkes http://p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/pusat-/hari-hipertensi-dunia-2019-know-your-number-kendalikan-tekanan-darahmu-dengan-cerdik.

Riset Kesehatan Dasar. Laporan Provinsi Jawa Tengah Riskesdas 2018. Kementerian Kesehatan RI (2018).

Sahrir, S. Pemberian Terapi Musik Instumental untuk Menurunkan Tekanan Darah Lansia di Negeri Herlauw Pauni Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Penelitian Kesehatan. Suara Forikes Vol.10, 45–48 (2019).

Setyoadi & Kushariyadi. Terapi Modalitas Keperawatan Pada Klien Psikogeriatrik. Salemba Medika. 2011.

Susilaningsih, D. PengaruhTerapi Musik Instumental Terhadap PenurunanTekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang Tahun 2020. Jurnal Penelitan Kesehatan Suara Forikes Vol.2, 84–89 (2020).

Triyanto, E. Pelayanan Keperawatan Bagi Penderita Hipertensi SecaraTerpadu. Graha Medika. 2014.

UPT Puskesmas Sidorekso Kabupaten kudus. Prevalensi Hipertensi Desa Sidorekso Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus 2017-2019.

Yulastari, P. R., Betriana, F. & Kartika, I. R. Terapi Musik Untuk Pasien Hipertensi : A Literatur Review. Real Nurs Jurnal. 2, 56 (2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.