HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PENURUNAN KETAJAMAN PENGLIHATAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI POLIKLINIK MATA RSI SUNAN KUDUS

Tutik Emi Tafiyah, Sri Hartini, Biyanti Dwi Winarsih

Abstract


Pendahuluan: Gadget tidak hanya sekedar dijadikan media hiburan tetapi wajib digunakan oleh orang-orang yang memiliki kepentingan bisnis, atau pengerjaan tugas kuliah dan kantor. Faktanya gadget tak hanya digunakan oleh orang dewasa atau lanjut usia (22 tahun keatas), anak sekolah (12-21 tahun), tapi pada anak- anak (7-11 tahun), dan lebih ironisnya lagi gadget digunakan untuk anak usia (3-6 tahun) yang seharusnya belum layak untuk menggunakan gadget. Gangguan terhadap kualitas ketajaman penglihatan sering terjadi khususnya berkaitan dengan lama penggunaan gadget serta jarak pandang terhadap gadget. Tujuan Penelitian: Menganalisis hubungan penggunaan gadget dengan gangguan penglihatan pada anak usia sekolah di poliklinik mata RSI Sunan Kudus. Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan studi korelasi. Hasil Penelitian: Sebagian besar pemakaian gadged responden pada kategori tinggi sebanyak 23 responden (69.7%). Sebagian besar gangguan penglihatan responden dalam kategori Miopia sebanyak 26 responden (78.8%). Kesimpulan: Ada hubungan antara tingkat pemakaian gadged dengan gangguan penglihatan pada anak di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus dengan p- value sebesar 0.008 dan OR = 10.500.

 

Kata Kunci: Anak, Penggunaan Gadget, Penurunan Ketajaman Mata

 

 

 

 

Full Text:

PDF

References


Ernawati W., 2015. Pengaruh Penggunaan gadget terhadap penurunan tajam penglihatan pada anak usia sekolah (6-12 tahun) di SD Muhammadiyah 2 Pontianakselatan.[Jurnal].[Pontianak[. Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura.

Hartono.,R. 2014. ISPA Gangguan Pernafasan pada Anak. Yogyakarta: Nuha Medika

Ilyas, Sidarta, 2012, teknik-teknik pemeriksaan dalam ilmu penyakit mata edisi 4, badan penerbit: FKUI, Jakarta.

Notoatmodjo S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta;

Riyanto A. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakrta: Nuha Medika

Sugiyono, 2010. Kumpulan Instrumen Penelitian Kesehatan., Yogyakarta: Nuha Medika

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suherman, 2012, Buku Saku Perkembangan Anak, Jakarta: ECG.

Wawan. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia.

Yogyakarta: Nuha Medika

Wijayanigsih KS. 2013. Asuhan Keperawatan Anak. Jakarta: Trans Info Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.